Sukses

Puan Maharani Bertemu Jokowi, Bahas soal Persiapan Pemilu 2024

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/3/2023). Salah satu yang dibahas kedua kader PDI Perjuangan (PDIP) itu adalah peta gambaran kerjasama antar partai politik Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/3/2023). Salah satu yang dibahas kedua kader PDI Perjuangan (PDIP) itu adalah peta gambaran kerjasama antar partai politik Pemilu 2024.

"Dalam kapasitas sebagai Ketua DPP Partai menyampaikan beberapa hal yang penting dan strategis terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024, dan bagaimana merespons dinamika politik saat ini, termasuk gambaran kerjasama partai politik," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Jumat (24/3/2023).

Pertemuan Puan Maharani dan Jokowi juga membahas kepastian penyelengaraan Pemilu 2024. Agar pemilu digelar tepat waktu.

"Pembahasan juga memastikan bagaimana Pemilu dapat dilaksanakan tepat waktu, aman, lancar, demokratis, dan damai untuk bangsa dan negara," ujar Hasto.

Puan dan Jokowi membahas upaya mempercepat kesejahteraan rakyat, dan mengatasi berbagai bentuk ketidakadilan melalui desain keputusan politik sebagai politikus PDIP.

Sebagai ketua DPR, Puan mendorong kerjasama lembaga eksekutif dan legislatif.

"Kerjasama sangat penting tidak hanya terkait dengan pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan, namun juga di dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, persiapan Pemilu 2024, beberapa rencana UU yang penting untuk dibahas bersama serta desain masa depan," tutup Hasto.

Sebelumnya, Hasto mengatakan, Puan Maharani memang sudah turun ke bawah dan bersilahturahmi dengan sjeumlah tokoh yang merupakan penugasan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Mbak Puan memang terus turun ke bawah termasuk juga membangun silaturahim dengan para tokoh-tokoh politik nasional, itu penugasan dari ibu Megawati," kata Hasto di Universitas Paramadia Jakarta, Selasa 21 Maret 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Ada Kejutan dari Puan Maharani

Hasto mengatakan, akan ada kejutan dari Puan. Di mana berkaitan dengan gerak PDIP untuk terus turun ke bawah bersama masyarakat.

"Dan kemudian ya kejutan yang disampaikan Mbak Puan tentu saja yang berkaitan dengan bagaimana partai itu bergerak ke bawah mengakar pada kekuatan rakyat sebagai skala prioritas yang paling penting, daripada kita berbicara antara elit. Sehingga Mbak Puan menunjukkan watak demokrasi yang sebenarnya yang turun ke bawah mengorganisir rakyat," jelas dia.

Meski demikian, terkait calon presiden dan cawapres yang akan diusung oleh PDIP, semuanya masih menunggu keputusan Megawati. "Sabar," kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pemilu

  • PDIP