Sukses

Momen-Momen Saat Capres dan Cawapres Mencoblos di Pemilu 2019

Keempat calon presiden dan calon wakil presiden melakukan pencoblosan Pemilu 2019 di TPS-TPS yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno menjadi yang pertama mencoblos Pemilu 2019 di antara keempat pasangan calon presiden (capres) dan cawapres.

Ia bersama keluarga menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 ini di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mereka tiba pada pukul 07.35 WIB.

Di tempat berbeda, pasangannya capres Prabowo Subianto, juga mencoblos di TPS 041 Kampung Curug RT/RW 02/09, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, pada pukul 08.05 WIB.

Sementara itu, lawannya, capres petahana Joko Widodo atau Jokowi, mencoblos di TPS 008, Jalan Veteran Raya, Gambir, Jakarta Pusat.

Sedangkan pasangannya, cawapres Ma'ruf Amin, mencoblos di TPS 051, Koja, Jakarta Utara. Dengan didampingi sang istri, keduanya kompak menggunakan pakaian putih.

Berikut momen-momen saat para capres dan cawapres untuk mencoblos Pemilu 2019 dihimpun Liputan6.com:

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sandiaga Uno

Cawapres Sandiaga Uno bersama keluarga menggunakan hak pilihnya di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sandi dan istri Nur Asia mendapatkan nomor antre 193 dan 192 sebelum akhirnya mencoblos di bilik suara. Cawapres nomor 02 itu sempat memperlihatkan surat suara sebelum melakukan pencoblosan di TPS.

Usai mencoblos, Sandiaga dan istri pun menunjukkan jari dengan tinta sebagai tanda sudah mencoblos.

"Kita imbau semua datang ke TPS, tunaikan hak suara," ujar Sandiaga, Rabu (17/4/2019).

Sandi optimistis meraih hasil terbaik di pemilu kali ini.

"Optimistis, serahkan hasilnya ke atas," jelasnya.

Usai mencoblos, Sandi menyatakan akan memantau hasil penghitungan suara di Media Center Prabowo-Sandiaga.

"Kita akan pantau bersama teman-teman di sana," jelasnya.

Sandiaga beserta keluarga tiba di TPS pada pukul 07.35 WIB. Dia langsung diarahkan petugas ke pintu masuk TPS.

Diketahui di TPS 002 terdapat 237 pemilih yang terdiri atas 110 pemilih laki-laki dan 127 pemilih perempuan. Menurut data tertempel, Sandiaga mendapatkan nomor urut 193. Sementara, istrinya Noor Asiah Aziz mendapatkan nomor urut 192.

 

3 dari 5 halaman

2. Prabowo Subianto

Capres Prabowo Subianto telah menggunakan hak suaranya di TPS 041 Kampung Curug RT 02 RW 09, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Dia tiba di TPS pukul 08.05 WIB, Rabu (17/4/2019). Sepuluh menit kemudian petugas memanggil namanya. Dia pun mendekat dan menerima surat suara.

Pukul 08.18 WIB, Prabowo dan Fadli Zon masuk ke bilik suara untuk menggunakan suaranya.

Sebelum mencoblos, Prabowo sempat berbincang dengan awak media. Dia mengaku optimistis akan menang dalam Pilpres 2019 ini.

"Optimis," kata dia.

Prabowo kemudian justru bertanya ke wartawan, "Pada enggak nyoblos?" ujar dia.

 

4 dari 5 halaman

3. Jokowi

Calon presiden nomor urut 01 Jokowi tiba di lokasi tempat pemungutan suara (TPS) 008, Jalan Veteran Raya, Gambir, Jakarta Pusat. Jokowi tiba ditemani istri, Iriana, yang kompak mengenakan baju putih.

Berdasarkan DPT yang terpasang di TPS 008 Gambir, Jokowi dan Iriana masing-masing mendapat nomor urut 154 dan 155. Sementara itu, total 198 pemilih yang terdaftar di TPS ini.

Jokowi ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir.

Saat tiba di TPS, Jokowi dan Iriana tidak langsung menuju ke bilik suara. Seperti warga lainnya, Jokowi dan Iriana sempat antre giliran dipanggil petugas KPPS.

Dengan tenang, Jokowi menggunakan hak suaranya di bilik suara. Usai mencoblos, Jokowi dan Iriana sempat berpose menunjukkan surat suara yang sudah dicoblos.

Jokowi dan Iriana kemudian menunjukkan jari kelingkingnya yang sudah berlumur tinta ungu.

 

5 dari 5 halaman

4. Ma'ruf Amin

Calon wakil presiden Ma'ruf Amin telah menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 051, Koja, Jakarta Utara, Rabu (17/4/2019).

Ma'ruf Amin ditemani sang istri saat mencoblos di TPS. Mustasyar Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) ini memperoleh nomor urut 128, sementara istrinya sendiri memperoleh nomor urut 286.

Abah, panggilan akrab Ma'ruf, pun hampir 10 menit menghabiskan waktunya untuk berada di bilik suara. Kemudian secara serempak keduanya menunjukkan kertas suara.

Tak lama, Ma'ruf Amin pun langsung mencelupkan jempol tangannya ke tinta. Kemudian, Ma'ruf dan sang istri bersama-sama memamerkan jempolnya.

"Insyaallah 90 persen (menang di TPS-nya)," kata Ma'ruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.