Sukses

Ketua KPU DKI: Tak Masalah Anies ke TPS Coblos Ulang di Kalibata

TPS merupakan tempat terbuka dan tidak ada larangan siapa pun untuk datang.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendadak mendatangi TPS 29 Kalibata, Jakarta Selatan. TPS ini memang sedang menjalani pemungutan suara ulang.

Anies tak lama berada di TPS. Begitu datang, Anies menyusuri gang sempit menuju TPS 29. Sepanjang jalan, warga meneriakkan nama Anies sambil berebut bersalaman.

Setelah berjalan sejauh 200 meter, Anies tiba di TPS. Dia hanya melihat-lihat sejenak kemudian beranjak meninggalkan lokasi.

Saat ditanya terkait kedatangannya, Anies mengatakan hanya kebetulan melintas. Tidak ada rencana sebelumnya untuk datang ke TPS.

"Enggak (direncanakan). Tadi ada acara pengantin di belakang sini. Sekalian lewat mampir," kata Anies Baswedan, di lokasi, Minggu (19/2/2017).

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, tidak ada masalah bila Anies datang ke TPS. Sebab, TPS merupakan tempat terbuka dan tidak ada larangan siapa pun untuk datang.

"Ini kan tempat terbuka, siapapun boleh datang. Baik calon, bukan calon, pemilih, bukan pemilih, warga sini, warga tempat lain. Tidak masalah," kata Sumarno.

TPS 29 Kalibata akan melayani 491 warga dalam daftar pemilih tetap ditambah 21 pemilih tambahan yang terdaftar saat Pilkada 15 Februari lalu.

Tidak hanya TPS 29 di Kalibata saja yang diulang penghitungan suaranya, KPU DKI Jakarta juga menggelar hal yang sama di TPS 01 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat dan TPS 29 Kalibata, Pancoran Jakarta Selatan.

Sumarno, pemungutan suara ulang Pilkada DKI 2017 itu berdasarkan rekomendasi Bawaslu DKI yang disampaikan melalui Panwas Kecamatan Kemayoran dan Panwas Kecamatan Pancoran tentang Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini