Sukses

Penjelasan Anies Baswedan soal Program Kredit Rumah Tanpa DP

Ahok kritik program kredit rumah tanpa DP dari pasangan Anies - Sandi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemaparan Anies Baswedan terkait rumah tanpa uang muka atau down payement (DP) memantik tanya cagub Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Menurut Ahok, program tersebut sulit direalisasikan karena akan bentrok dengan DPRD.

Namun, Anies buru-buru meluruskan. Dia mengatakan bahwa skema tanpa uang muka prinsipnya adalah sama menggunakan model Kredit Pemilikan Rumah (KPR) perbankan pada umumnya.

"Sederhana saja, ada skema KPR yang sekarang ada di perbankan, tidak ada yang berubah dari sisi skema pembiayaan, (tetap) KPR. Tapi, DP-nya kita buat nol," ucap Anies saat konferensi pers usai debat cagub DKI di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat malam, 10 Februari 2017.

Selain itu, Anies juga menegaskan rencana ini bukan untuk membangun sebuah perumahan.

"Jangan keliru ya, kami ini bukan mau bangun perumahan. Ini adalah, Anda mau ambil (KPR) dengan Bank DKI, lalu Anda mendapatkan kredit itu dengan DP nol. Kita bukan mau bikin rumah, ini skema pendanaan," ucapnya.

Terakhir, Anies menekankan bahwa program ini bukan rumah dengan kredit gratis.

"Jadi hati-hati ini bukan kredit gratis, enggak ada kredit gratis. Ini yang benar adalah kredit seperti KPR biasa, cuma DP-nya nol," tandas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.