Sukses

Ahok: KJP Lebih Dahsyat dari BLT

BLT adalah program milik SBY yang akan dihidupkan lagi oleh Agus Yudhoyono jika dia terpilih jadi Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama menyebut jika Kartu Jakarta pintar (KJP) lebih dahsyat dibanding Bantuan Langsung Tunai (BLT).

BLT adalah program milik Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono yang akan kembali dihidupkan oleh putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono jika dia terpilih jadi Gubernur DKI Jakarta.

"Dari dulu saya katakan, rakyat memang perlu dikasih BLT. Tapi yang bersifat mendidik. Misalnya BLT dulu jamannya Pak SBY Rp 150 ribu toh, itu arah sasaran semua kita bisa berdebat," ujar Ahok di rumah Lembang, Jakarta Pusat, Selasa (1/11/2016).

Menurut Ahok, contoh bantuan yang baik dan lebih dahsyat dari BLT adalah Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"BLT kami lebih dasyat sebetulnya. BLT kami, 1 KJP itu Rp 650 ribu sebulan. Kalau punya 3 anak Rp 1,8 juta. Saya kira yang memberikan BLT itu paling besar ya selama masa saya dan Pak Jokowi," ucap Ahok.

Bahkan sekarang, kata Ahok, Presiden Jokowi telah memberikan bantuan untuk membeli beras miskin dengan transfer langsung kepada masyarakat kurang mampu.

"Bisa seperti BLT. Tapi BLT siapa yang tanggungjawab hanya untuk beli beras. Jadi kita bukan bagi-bagi uang, kita musti ingat, sila ke-5 Pancasila itu keadilan sosial, bukan bantuan sosial," tambah Ahok.

Menurut Ahok, bantuan ke rakyat miskin bukan hanya masalah uang. Melainkan ada bantuan beras murah, daging murah dan biaya sekolah.

"Jadi kita harus mendidik, mengedukasi. Kita bantu rakyat miskin enggak? Bantu. Beli daging sapi berapa? Rp 35 ribu sekilo pakai KJP. Anak yang mau kuliah bantu berapa? Rp 18 juta satu anak. Bukan bagi-bagi uang, kayak jaman pak SBY, saya kurang setuju," Ahok memungkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Agus Yudhoyono merupakan anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono, kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Agus Yudhoyono merupakan anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono, kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Agus Yudhoyono

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • BLT adalah program bantuan pemerintah yang berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya kepada masyarakat miskin.

    blt

  • KJP

Video Terkini