Sukses

Capai Target, Teman Ahok Gelar Syukuran

Teman Ahok telah mengumpulkan 532.213 fotokopi KTP atau 7,5 persen dari jumlah DPT pemilu sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Teman Ahok, relawan kandidat petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menggelar syukuran. Pesta ini dilakukan seiring pencapaian jumlah fotokopi KTP warga Jakarta untuk mendukung Ahok maju pada Pilkada DKI melalui jalur independen.

Juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas mengatakan, pengumpulan fotokopi KTP dukungan untuk pasangan Ahok-Heru yang dilakukan sejak 11 Maret 2016 sudah mencapai syarat minimum calon independen. Teman Ahok telah mengumpulkan 532.213 fotokopi KTP atau 7,5 persen dari jumlah DPT pemilu sebelumnya.

"11 Maret kami mulai efektif melakukan pengumpulan ulang dukungan dengan formulir baru. Dan sampai sekarang sudah terkumpul 533.420 fotokopi KTP dan formulir dukungan," ujar Amalia di Posko Teman Ahok, Kompleks Graha Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (11/4/2016).

Menurut dia, pencapaian tersebut tak lepas dari dukungan warga DKI yang semakin antusias pasca-Ahok memastikan maju melalui jalur independen. Sebelum ada pernyataan itu, kata dia, pengumpulan dukungan memerlukan perjuangan yang cukup berat.

"Sekarang jauh lebih mudah. Tanpa harus menjelaskan panjang lebar‎, masyarakat dengan antusias datang sendiri. Bahkan banyak permintaan untuk membuka posko partisipatif," tutur dia.

Dukungan warga DKI saat ini sudah masuk ke tahap partisipatif. Warga jauh lebih aktif dalam memberikan dukungannya untuk pencalonan Ahok-Heru melalui jalur perseorangan.

"Misalnya, ada formulir yang penulisannya kurang lengkap, masyarakat datang sendiri untuk melaporkan kekurangannya," jelas Amalia.

Saat ini ratusan pendukung Ahok itu tengah berkumpul di Posko Teman Ahok. Mereka menggelar acara tasyakuran dengan sederhana. Tak ada persediaan makanan dari panitia, kecuali tumpeng.‎ Para relawan ini membawa makanan masing-masing untuk disantap bersama.

Pada acara tersebut, mereka juga melakukan telekonferensi dengan Ahok yang tengah bekerja di Balai Kota DKI. Mereka juga menggelar game menarik, serta menyediakan stand penjualan merchandise ‎Teman Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.