Sukses

Bawaslu Award untuk KPU dan 7 Daerah Terbaik

Wapres JK berharap gubernur dan pemda penenerima penghargaan akan memberikan anggaran lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menganugerahi Bawaslu Award 2016 kepada jajaran pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu berintegritas.

"Penghargaan ini didasarkan pada rasa syukur dan terima kasih kami atas penyelenggaran Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak 2015 yang berjalan aman dan damai," kata Ketua Bawaslu Mohammad di Balai Sarbini, Jakarta, Senin 29 Februari 2016 malam seperti dilansir Antara.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Bawaslu Mohammad dan didampingi oleh Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Assidiqie.

Ketua KPU Husni Kamil Manik, anggota KPU Ferry Kurnia Ristiansyah, Arif Budiman, Sigit Pamungkas, Juri Aliantoro, Ida Budiati, Hadar Nafis Gumay, dan Sekjen KPU Arif Rahman Hakim maju menerima penghargaan tersebut.

"Sebetulnya DKPP juga diniatkan untuk diberi award oleh panitia. Tapi saya bilang nanti jeruk makan jeruk namanya. Cukuplah KPU dan Bawaslu, karena kita harus menilai integritas kedua lembaga itu di seluruh Tanah Air," kata Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie.

Menurut Jimly, pelaksanaan pemilu sejak 2011 masih banyak masalah. Namun 2012 hingga 2015 persoalan itu semakin berkurang, karena kesadaran untuk menyelenggarakan pemilu berintegritas meningkat.

"Dari perspektif DKPP, kualitas penyelenggaraan pemilu membaik," ujar Jimly.

Selain KPU, Bawaslu juga menganugerahi Bawaslu Award 2016 kepada pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan kecamatan sebagai pihak yang memfasilitasi anggaran pengawasan pilkada terbaik.

7 Terbaik

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Bangka-Belitung), Kota Cilegon (Banten), Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah) muncul sebagai pemenang kategori tersebut.

Penghargaan juga diberikan untuk kategori pengawas lapangan terbaik yang jatuh pada Kelurahan Tanjung Unggan, Bestari, Kepulauan Riau. Sedangkan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbaik jatuh pada TPS 14 Natuna, Kepulauan Riau.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada hadirin, pemenang dan penyelenggara pemilu yang bersama KPU telah menyelenggarakan pilkada dengan baik dan aman," kata Wapres Jusuf Kalla usai menyerahkan Bawaslu Award 2016 kepada pemda dan TPS terbaik dalam pilkada.

Acara penganugerahan Bawaslu Award dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Ade Komarudin, Ketua DPD Irman Gusman, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandy.

"Setelah menerima penghargaan ini, pilkada ke depan, gubernur, pemerintah daerah akan kasih anggaran lebih cepat," ujar JK disambut tawa hadirin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini