Sukses

Pasarnya Mulai Tumbuh, Mobil Listrik Bekas Masih Belum Banyak Populasinya

Pasar mobil listrik baru di Indonesia mulai berkembang pesat, seiring dengan banyaknya merek yang menghadirkan roda empat bertenaga baterai

Liputan6.com, Jakarta - Pasar mobil listrik baru di Indonesia mulai berkembang pesat, seiring dengan banyaknya merek yang menghadirkan roda empat bertenaga baterai. Namun, tidak sejalan dengan pertumbuhan di segmen kendaraan barunya, mobil bekas listrik ternyata belum berkontribusi maksimal di pasar mobil bekas.

Agung Iskandar, Direktur PT Tokobagus Indonesia mengatakan, untuk kontribusi mobil bekas listrik berdasarkan data dari OLXmobbi, tren untuk mobil bekas itu, biasanya populasinya 3 sampai 7 tahun.

"Sedangkan mobil listrik, mulai masuk dan dikenal mungkin 2 sampai 2,5 tahun. Jadi, ada waktu baru ke bakas," jelas Agung, saat acara media gathering OLXmobbi, di Parle, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2024).

Berdasarkan data tersebut, dijelaskan Agung penetrasinya mobil bekas listrik sudah ada, tapi proporsinya sedikit.

"Jumlah mobil listrik di OLX itu cuma 1 persen, kalau lihat lebih dalam lagi itu sesuai dinamika pasar, contoh kota besar Jakarta, Surabaya, dan kota kecil tidak ada," tambah Agung.

Sementara itu, populasi mobil listrik prediksinya akan mengikuti perkembangan jaman contoh lima tahun lalu, Xpander sempat sangat populer untuk penjualan mobil barunya, menjadi salah satu tertinggi unitnya terjual.

"Waktu baru hype, tidak serta merta second mobil bekas naik itu butuh waktu 2 sampai 3 tahun untuk listingnya naik rata-rata orang Indonesia ganti mobil 3 sampai 7 tahun," pungkasnya.

Guna memberikan kemudahan transaksi dan akses layanan yang lebih luas kepada pelanggan yang ingin membeli, menjual, maupun tukar tambah mobil bekas, PT Astra Digital Mobil (ADMO) melalui OLXmobbi menghadirkan layanan yang menyeluruh sekaligus terintegrasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisnis Layanan OLXmobbi

Berfokus pada bisnis layanan online dan offline, jual beli mobil bekas yang berbasis teknologi serta one stop solution, memberikan pelanggan akses transaksi jual mobil bekas yang lebih mudah melalui kolaborasi OLXmobbi dengan perusahaan di Grup Astra pada lini bisnis otomotif serta jasa keuangan.

"OLXmobbi memiliki semangat menjalin berbagai kolaborasi dengan lini bisnis Grup Astra lainnya. Untuk proses pembiayaan, saat ini OLXmobbi bekerja sama dengan ACC, Toyota Astra Financial Services, Asuransi Astra Buana, dan AstraPay. Sementara itu, untuk trade-in, OLXmobbi sudah resmi menjadi official trade-in partner dari Auto2000 dan Astra Daihatsu," ujar President Director PT Astra Digital Mobil Naga Sujady.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.