Sukses

Penjualan Turun, Tesla PHK 14 Ribu Karyawan di Seluruh Dunia

Tesla akan memberhentikan lebih dari 10 persen tenaga kerja globalnya, karena penurunan penjualan

Liputan6.com, Jakarta - Tesla akan memberhentikan lebih dari 10 persen tenaga kerja globalnya, karena penurunan penjualan dan semakin insentifnya perang harga mobil listrik.

Disitat dari Reuters, pemecatan yang dilakukan Tesla ini akan berdampak pada sekitar 14 ribu orang, dengan dua eksekutif senior, Drew Baglino dan Rohan Patel yang juga dipastikan meninggalkan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Pengumuman PHK diumumkan langsung dalam sebuah pesan memo yang dikirimkan kepada karyawan oleh sang CEO, Elon Musk.

"Saat kami mempersiapkan perusahaan untuk fase pertumbuhan berikutnya, sangat penting untuk mempertimbangkan setiap aspek perusahaan untuk pengurangan biaya dan peningkatan produktivitas,” kata Elon Musk dalam memo kepada karyawan Tesla.

Diketahui, Tesla memiliki 140.473 karyawan pada Desember 2023. Itu artinya, ada sekitar 14 ribu karyawan Tesla secara global yang terkena PHK.

Saham Tesla terpuruk dalam beberapa bulan terakhir, anjlok 31 persen year to date. Meskipun penjualan kendaraan listrik masih mendapatkan popularitas di seluruh dunia, tingkat pertumbuhan penjualannya melambat terutama untuk Tesla.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengiriman Mobil Listrik Turun

Awal bulan ini, Tesla juga melaporkan penurunan tahunan pertama dalam pengiriman kendaraan sejak tahun 2020, ketika pandemi Covid-19 mengganggu produksi.

Pengiriman pada kuartal pertama turun sebesar 8,5 persen menjadi 386,810 pada kuartal pertama, dengan output turun 1,7 persen dari tahun sebelumnya dan 12,5 persen secara berurutan meskipun ada diskon dan insentif yang ditawarkan kepada pelanggan sepanjang kuartal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini