Sukses

Bukan Hanya Pajangan, Ini Fungsi Sirip Hiu di Atap Mobil

Shark fin yang biasanya berada di atap mobil-mobil modern, sejatinya bukan hanya sebagai pajangan atau bikin roda empat terlihat keren saja

Liputan6.com, Jakarta - Sirip hiu atau shark fin yang biasanya berada di atap mobil-mobil modern, sejatinya bukan hanya sebagai pajangan atau bikin roda empat terlihat keren saja. Sejatinya, komponen ini memiliki fungsi yang bisa dibilang cukup penting dari sebuah kendaraan.

Mengutip pressroomtoyotaastra.com, dengan berkembangnya teknologi di industri otomotif, kebutuhan akan kualitas suara, gambar, serta ketepatan posisi Global Positioning System (GPS) pada head unit semakin meningkat.

Dengan begitu, dibutuhkan penangkapan sinyal yang berkualitas, seperti yang bisa dilakukan shark fin antenna atau antena sirip hiu.

Memiliki bentuk yang memang menyerupai salah satu bagian dari binatang laut ini, shark fin antenna merupakan salah satu refleksi fitur perkembangan teknologi yang menjadi semakin menarik serta fungsional.

Shark fin antenna dilengkapi dengan modul dasar berukuran 16mm, yang dirancang sesuai dengan tingkat kelengkungan atap kendaraan.

Secara global, Toyota menghadirkan shark fin pada 2012 untuk Toyota Auris.

Modul pada shark fin dihubungkan dengan head unit melalui kabel konektor, guna menayalurkan gelombang Satellite Digital Audio Radio Service (SDARS), GPS, Advance Mobile Phone Services (AMPS), dan Personal Communication Service (PCS).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ternyata Honda Beat Juga Ada Versi Mobilnya

Honda Beat di pasar Indonesia, menjadi salah satu sepeda motor terlaris. Dengan bentuknya yang kompak, sebagai skuter matik (skutik) dan juga memiliki banderol yang masih cukup terjangkau, tak mengherankan roda dua dari pabrikan Jepang ini menjadi model favorit di Tanah Air.

Namun, tahukah Anda? Honda Beat ternyata tidak hadir dalam bentuk sepeda motor saja. Pasalnya, pada 1991 lalu, pernah ada mobil bernama Honda Beat.

Menurut laman autozine.org, Honda Beat adalah roadster 660 cc bermesin tengah (mid-engine) dengan dimensi terkecil dalam kategori kei car.

Mobil ini bahkan mengalahkan mungilnya Fiat X1/9 dan Toyota MR2. Orang-orang menjulukinya sebagai Mini-NSX atau S800 modern.

Mesin naturally aspirated ini mampu hasilkan tenaga hingga 64 Tk pada 8.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini