Sukses

Cara Ampuh Cek Kondisi Kaki-Kaki Mobil Tanpa Tes Jalan

Kondisi kaki-kaki mobil menjadi sesuatu yang penting, demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kaki-kaki mobil menjadi sesuatu yang penting, demi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan dan perawatan secara berkala terhadap komponen tersebut.

Namun, kini ada solusi untuk melakukan pengecekan kaki-kaki mobil tanpa perlu tes jalan. Salah satu penyedianya, adalah bengkel spesialis AC Mobil dan kaki-kaki mobil Rotary Auto mendatangkan mesin Kyoto Shaking Machine.

Kyoto Shaking Machine dilengkapi dengan sistem tenaga hidrolik yang bertugas mengguncangkan keempat titik kaki-kaki mobil. Proses ini bertujuan untuk mencari sumber bunyi tidak normal pada kaki-kaki tanpa perlu melakukan tes jalan. Waktu pemeriksaan berkisar 15 sampai 20 menit.

Cara kerja Kyoto Shaking Machine terbilang sederhana. Tahap pertama yaitu posisi mobil diangkat menggunakan car-lift atau hidraulik, kemudian teknisi akan memasangkan perangkat Kyoto Shaking Machine pada keempat ban mobil menggunakan dudukan khusus sebagai alas ban.

Setelah itu, keempat titik kaki-kaki mobil akan diguncangkan menggunakan yang terpasang pada perangkat Shaking Machine secara , untuk menentukan dimana titik permasalahan pada kaki-kaki mobil tersebut. Jika ada komponen yang bermasalah, akan terlihat dan terdengar secara langsung ketika kaki-kaki mobil diguncangkan.

Dengan semakin banyaknya peminat untuk menggunakan mesin untuk cek kondisi kaki-kaki mobil ini, sudah tersedia pada outlet pertamanya di Bengkel Rotary Auto cabang Veteran, Jakarta Selatan.

Seremoni dilakukan di area workshop pada bengkel Rotary Auto yang beralamat di JL. RC Veteran Raya no. 35, Bintaro, kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

"Kami akan lebih menjangkau para pengguna mobil di kota-kota lain di seluruh Indonsia agar problem kaki-kaki mobil yang selama ini dikeluhkan, mendapat analisa yang tepat, cepat, akurat dan efisien menggunakan perangkat Kyoto Shaking Machine ini," jelas Ferry Jensen, Founder dan CEO dari Kyoto Indonesia, dalam keterangan resmi, Sabtu (17/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisnis bengkel

Adi menuturkan, Kyoto Shaking Machine dapat menambah aspek kompetitif pada bisnis bengkelnya. Layanan pengecekan kaki-kaki mobil yang beda dari yang lain ini sekaligus melengkapi layanan yang sudah ada pada bengkelnya, yakni pengecekan dan perbaikan AC mobil serta mesin.

Merespon antusias tinggi ini, Kyoto Indonesia akan segera menghadirkan perangkat Kyoto Shaking Machine ini di sejumlah outlet Rotary Auto serta jaringan bengkel mitra yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, dalam waktu dekat.

Diantaranya akan hadir di seluruh DKI Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi hingga Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Jumlah outlet pun akan semakin bertambah seiring tingginya minat dari sejumlah bengkel mobil di Indonesia.

"Kami membuka peluang bisnis kemitraan dengan menghadirkan perangkat Kyoto Shaking Machine ini untuk semua bengkel mobil di seluruh Indonesia yang ingin naik kelas, supaya para pengguna mobil di kota-kota lain dapat juga merasakan langsung manfaat dari Kyoto Shaking Machine ini," tutup Ferry.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini