Sukses

Sopir Taksi Online Tak Kuasa Menahan Kantuk, Akhirnya Penumpang Gantikan Mengemudi

Mengemudi adalah aktivitas yang memerlukan konsentrasi dan responsivitas yang tinggi. Sayangnya, mengantuk saat mengemudi merupakan masalah umum yang sering diabaikan, namun memiliki potensi bahaya yang besar bagi pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mengemudi adalah aktivitas yang memerlukan konsentrasi dan responsivitas yang tinggi. Sayangnya, mengantuk saat mengemudi merupakan masalah umum yang sering diabaikan, namun memiliki potensi bahaya yang besar bagi pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

Ketika mengantuk, respons otak terhadap situasi darurat atau perubahan lalu lintas menjadi lebih lambat. Hal ini dapat mengakibatkan waktu reaksi yang lebih lama dalam menghindari bahaya atau mengambil tindakan yang diperlukan.

Mengemudi dalam keadaan mengantuk dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Prioritaskan keselamatan dengan mengidentifikasi tanda-tanda kantuk dan mengambil tindakan untuk mengatasi situasi ini.

Salah satu cara untuk menghilangkan kantuk saat mengemudi adalah meminum kopi, karena kafein dalam kopi dapat membantu meningkatkan kewaspadaan untuk sementara waktu. Selain itu, bisa juga dengan melakukan obrolan dengan penumpang agar sang sopir bisa terus fokus mengemudi, karena biasanya pengemudi mengalami kantuk ketika tidak adanya orang yang bisa diajak untuk berinteraksi.

Namun hal paling baik dan benar ketika mengantuk saat mengemudi adalah istirahat dengan melipir ke rest area terdekat untuk beristirahat, karena dengan hal ini kita bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan.

Namun sepertinya hal ini tidak berlaku pada video Tiktok yang diunggah oleh akun @theojason yang memperlihatkan seorang driver taksi online yang tidur sedangkan konsumen mengemudikan mobilnya.

Dalam video tersebut diperlihatkan bahwa pemilik akun ini sedang mengemudikan mobil di jalan tol yang mengarah ke serpong, namun mobil tersebut bukan miliknya melainkan milik driver taksi online yang tidur di sebelahnya karena kelelahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Netizen

Video tersebut viral dan sudah ditonton sebanyak 694 ribu kali dengan 45 ribu likes, netizen pun ikut mengomentari aksi penumpang tersebut.

  • “Abangnya baik, betapa percayanya ke abangnya,” ungkap Netizen
  • “Dua duanya orang baik, yang satu percaya dengan abang, yang satunya abang mau nyetirin,” tulis Netizen
  • “Asli lo keren bang,” kata Netizen

Video ini bisa diakses di https://vt.tiktok.com/ZSNYFrXms/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.