Sukses

Ratusan Motor Kustom Adu Keren di Kustomfest 2023, Ada Kontes Lainnya Juga

Kustomfest 2023 yang merupakan Indonesia Kustom Kulture Festival resmi dibuka untuk umum. Pameran kendaraan kustom ini berlangsung 7-8 Oktober 2023 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Kustomfest 2023 yang merupakan Indonesia Kustom Kulture Festival resmi dibuka untuk umum. Pameran kendaraan kustom ini berlangsung 7-8 Oktober 2023 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta.

Lebarannya pecinta kustom ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi. Pembukaan ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan Sri Sultan di atap mobil kustom Gagak Rimah yang merupakan Lucky draw Kustomfest 2023.

 

Sri Sultan mengapresiasi Retro Future sebagai tema Kustomfest 2023. Yang menurutnya tema tersebut dimaksudkan sebagai refleksi dan dapat pula dimaknai sebagai selebrasi bahwa masa lalu dan masa depan. Jika diibaratkan sebagai roda pada esensinya merupakan dua bagian tak terpisahkan yang membentuk entitas tunggal.

"Sebuah entitas yang dalam perjalanan rotasinya senantiasa menghasilkan karya dan pemikiran terbaru yang akan menjadi sekuat transisi sekaligus penanda setiap era atau generasi," terang Sri Sultan dalam sambutannya, Sabtu (7/10/2023).

"Mari jadikan tema besar tersebut sebagai suntikan semangat untuk mengekspresikan diri melahirkan karya. Semoga pada akhirnya nanti dapat menyentuh dan menjadi manfaat yang lebih luas," tambahnya.

 

Disebutkan, tema Retro Future tahun diangkat sebagai sebuah cerminan dari sejarah panjang produk produk otomotif terkategori dalam berbagai era yang lazim disebut vintage, prewar, classic, retro.

Pada saat sebuah kendaraan dibuat baik desainer, produsen sales sampai pembeli tidak pernah berpikir produk tersebut akan menjadi sebuah produk vintage, klasik, retro dan sebagainya di masa yang akan datang.

"Seiring perjalanan waktu, ditangan-tangan terampil para pelaku kustom, barang-barang yang 20-50 tahun lalu lahir sebagai barang yang biasa sekarang tampil sebagai barang-barang luar biasa da menjadi incaran para kolektor," papar Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi.

"Semoga ke depan tangan-tangan terampil builder Indonesia selalu berkarya, selalu mewarnai dan membawa Indonesia jauh lebih tinggi," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Besar

Untuk diketahui, Kustomfest 2023 menghadirkan rangkaian program besar di antaranya Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey, Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush / Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest, Pin Up Contest dan juga balapan Flat Track.

Kustomfest sendiri diikuti 140 motor kustom dan 30 mobil kustom serta sepeda kustom dengan berbagai gaya dan aliran modifikasi.

Untuk makin mempromosikan karya para builder Indonesia termasuk wisata dan budaya ke mancanegara, turut dihadirkan para builder internasional dengan reputasi mendunia, seperti Mooneyes, Hiro “Wildman” Ishii, Natqq, Winston Yeh - Rough Crafts, Kaichiroh Kurosu - Cherrys Company, Masayuki Sugihara - Luck MC, Yuichi Yoshizawa - CW Zon, Toshiyuki “Cheetah” Osawa.

Selain itu, Kustomfest 2023 juga menghadirkan edukasi mengenai teknologi dan inovasi yang tengah berkembang di era sekarang melalui kegiatan talkshow dengan menghadirkan pelaku aktif.

Topik menarik seputar elektrifikasi yang tengah menjadi program pemerintah yakni percepatan konversi sepeda motor listrik dibeberkan dalam talkshow bersama PT Pegadaian dan Elders Elettrico dengan mengundang vokalis Kaka Slank sebagai pengguna sepeda motor listrik.

Kustomfest 2023 turut menyuguhkan panggung musik dengan band papan atas seperti Deadsquad, Kelompok Penerbang Roket, The SIGIT, Jangar dan The Hydrant. Terkait tiket masuk, harga yang dipatok Rp 100 ribu per hari. Pengunjung berkesempatan mendapatkan Lucky draw berupa mobil kustom yang diundi di akhir acara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.