Sukses

Mobil Terbang Pertama di Dunia Resmi Dijual Rp 4,5 Miliar, Siap Mengudara 2025

Mobil terbang pertama buatan Alef Aeronautics, yang disebut Model A resmi dipasarkan dengan banderol mulai US$ 300 ribu atau setara Rp 4,5 miliar

Liputan6.com, Jakarta - Mobil terbang pertama buatan Alef Aeronautics, yang disebut Model A resmi dipasarkan dengan banderol mulai US$ 300 ribu atau setara Rp 4,5 miliar. Kendaraan masa depan ini, juga akan mulai dikirimkan ke konsumen pada akhir 2025.

Disitat dari Carscoops, Kamis (6/7/203), Alef Aeronautics sendiri telah menerima sertifikasi kelaikan udara khusus dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk Model A. Hal tersebut, memungkinkan untuk pengujian lebih lanjut untuk mobil terbang tersebut, serta penerbangan demonstarasi dalam waktu dekat.

"Hal ini memungkinkan kami untuk lebih dekat dalam menghadirkan perjalanan yang ramah lingkungan dan lebih cepat bagi masyarakat, menghemat waktu individu dan perusahaan setiap minggunya. Ini adalah satu langkah kecil untuk pesawat, satu langkah besar untuk mobil," kata CEO Alef Jim Dukhovny dilansir businessinsider.com, Senin (3/7).

Karena adanya pembatasan FAA yang terus berkembang terkait kemampuan mobil terbang, Alef mengatakan bahwa sertifikasinya membatasi lokasi dan tujuan terbang yang diizinkan.

Mobil ini juga dirancang agar sesuai dengan infrastruktur perkotaan yang ada untuk mengemudi dan parkir. Mobil terbang ini dapat lepas landas secara vertikal maupun horizontal, dan dapat mengangkut hingga dua orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jarak Tempuh Mobil Terbang

Mobil ini diharapkan memiliki jarak tempuh 200 mil dan jarak terbang 110 mil. Pembeli dapat membayar deposit sebesar USD 150 untuk bergabung dengan antrean umum, atau USD 1.500 untuk mendapatkan akses prioritas saat pengiriman dimulai.

Sekitar 440 orang membayar deposit dalam tiga bulan terakhir tahun 2022. Pada bulan Desember, Dukhovny mengatakan kepada CNBC Make It bahwa pelanggan dapat mengharapkan untuk melihat mobil mereka di langit pada tahun 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini