Sukses

Hyundai dan LG Investasikan Rp 64,2 Triliun untuk Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik

Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution Ltd (LGES) telah resmi mengumumkan bakal membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Amerika Serikat (AS)

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution Ltd (LGES) telah resmi mengumumkan bakal membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Amerika Serikat (AS). Total investasi dari kolaborasi dua pabrikan Korea Selatan ini, ditaksir senilai US$ 4,3 miliar atau sekitar Rp 64,2 triliun.

Disitat dari Reuters, Sabtu (27/5/2023), pabrikan harus mematuhi persyaratan sumber di AS yang baru untuk komponen baterai EV dan mineral penting. Hal tersebut agar pembeli kendaraan dapat memenuhi syarat hingga US$7.500 dalam bentuk kredit pajak berdasarkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA).

Saat ini, Hyundai dan juga Kia memang belum memenuhi syarat sehingga harus melakukan produksi baterai secara lokal di Negeri Paman Sam.

Hyundai dan LGES mengatakan, pembangunan pabrik baterai yang terletak di negara bagian Georgia ini akan dimulai poada paruh kedua 2023, dengan produksi paling cepat dimulai pada akhir 2025.

Pabrik ini, akan memiliki kapasitas produksi tahunan 30 gigawatt-jam (GWh), dan cukup untuk kebutuhan 300 ribu kendaraan listrik Hyundai.

Dalam kerja sama tersebut, Hyundai dan LGES akan memiliki saham sebesar 50 persen dari usaha pantungan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

LG Pasok Baterai untuk Mobil Listrik Lain

Sedangkan LGES juga akan memasok untuk pembuat mobil lain, termasuk Tesla dan General Motors.

"Dua pemimpin kuat di industri otomotif dan baterai telah bergandengan tangan, dan bersama-sama kami siap mendorong transisi EV di Amerika," ujar CEO LGES Youngsoo Kwoon, dalam sebuah pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini