Sukses

Warna Mobil Bisa Mewakili Karakter Pemilik, Begini Cara Memilihnya

Pemilihan warna menjadi salah satu pertimbangan yang kerap dilakukan oleh calon pembeli mobil

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan warna menjadi salah satu pertimbangan yang kerap dilakukan oleh calon pembeli mobil. Tidak hanya berdasarkan tren saja, tapi kerap disesuaikan dengan karakter serta kepribadian pemilik kendaraan.

Contohnya, warna yang menjadi favorit atau bisa juga disesuaikan dengan zodiak maupun shio kelahiran. Sedangkan dari sisi psikologis atau emosional manusia, warna dapat merepresentasikan kesan dan perasaan terhadap sesuatu hal.

Mengutip dari jurnal psikologi Scott-Kemmis tahun 2009 , beberapa pilihan warna dapat memiliki makna seperti berikut:

1) Hitam

Warna hitam kerap kali dipilih sebagai warna mobil karena cenderung tegas dan berkelas. Pemilihan warna hitam sangat populer di kalangan pelanggan karena mobil terkesan elegan dan eksklusif. Dari segi psikologi, pemilihan warna hitam cocok untuk pengendara yang cenderung memiliki karakteristik kuat, dominan, serta terkendali.

2) Abu-Abu

Pemilihan warna abu-abu biasanya dikarenakan warna tersebut memiliki ciri khas yang sederhana, namun tetap terkesan matang. Secara psikologi, pemilih warna netral ini dinilai mudah berkompromi, karena memilih warna transisi tengah diantara hitam dan putih.

3) Putih

Mobil berwarna putih adalah salah satu warna yang kini banyak diminati oleh pelanggan. Warna putih merupakan warna netral yang memberikan kesan elegan dan bersih untuk siapapun. Secara harfiah, warna putih kerap kali menyimbolkan kejujuran dan kemurnian. Biasanya, pemilik mobil berwarna putih memiliki karakter sederhana namun anggun dan perfeksionis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4) Merah

Sama dengan pemilih mobil hitam, pemilih mobil berwarna merah cenderung lebih maskulin, percaya diri, dan agresif. Warna merah biasanya digunakan untuk menunjukan status yang lebih dominan dari sisi finansial.

Secara psikologis, pemilih warna merah biasanya adalah orang yang penuh ambisi, penuh semangat, menyenangkan, dan orang yang bisa menikmati hidup.

5) Biru

Biru adalah warna yang identik dengan kedamaian dan kepercayaan. Pemilih warna biru biasanya adalah orang-orang yang penuh integritas dan loyal. Orang yang memilih mobil berwarna biru biasanya adalah orang dengan karakter yang optimis, tenang, serta bijaksana.

6) Oranye

Salah satu warna cerah yang unik dan mencolok diantara pilihan warna-warna mobil adalah warna oranye. Pemilih mobil berwarna oranye yang anti-mainstream ini biasanya adalah para extrovert yang senang bersosialisasi dan penuh optimisme.

Untuk perawatan, mobil berwarna orange cenderung paling awet, mudah, dan aman karena warna oranye dapat menyamarkan warna kotoran atau goresan pada bodi mobil. XL7, Ignis dan S-Presso memiliki pilihan warna oranye yang memberikan impresi ceria dan tetap berkarakter tegas. Untuk pemilihan warna mobi

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.