Sukses

Motor Listrik Alva One yang Desainnya Mirip Merek Spanyol Mulai Dikirim ke Konsumen

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik Alva One yang resmi diluncurkan di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, akhirnya mulai dikirim ke konsumen. Kendaraan roda dua ramah lingkungan, yang sangat mirip dengan motor listrik asal Spanyol, yaitu Arena VT3 telah dilakukan first handover atau serah terima kepada 10 pemilik pertama di Tanah Air.

Dengan dilakukan serah terima motor listrik ini, menandakan dimulainya pengiriman kepada konsumen di Indonesia. Hal ini juga membuktikan komitmen ALVA untuk melakukan pengiriman unit pada November 2022, meskipun sudah memasuki tanggal akhir bulan.

"Hari ini kami secara resmi memenuhi janji kami pada saat peluncuran ALVA di GIIAS, pada bulan Agustus kemarin," ujar Purbaja Pantja, President Director Ilectra Motor Group, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (1/12/2022).

Alva One sebagai salah satu motor listrik yang sudah dipasarkan di Tanah Air ini memang memiliki desain yang sangat mirip dengan salah satu merek asal Spanyol, Arena VT3. Namun, pihak IMG sendiri masih enggan menyebutkan jika motor ini memang hanyalah rebranding alias ganti logo.

Rainier Haryanto, Managing Director IMG menjelaskan, konsep dari dari Alva One ini merupakan kolaborasi. Sehingga, ketika ada kemiripan dengan motor lain, memang tidak menutup kemungkinan bisa terjadi.

"Prinsip kita kan kolaborasi ya, pasti ada bagian-bagian yang sama dan mirip," ujar Rainier Haryanto, beberapa waktu lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Harga yang Cukup Mahal

Lanjutnya, kehadiran Alva One ini, sekali lagi bukan sebuah hasil dari rebranding dengan motor lainnya. Kendaraan ini merupakan hasil kolaborasi, hanya saja produk ini sudah dirakit secara lokal.

"Itu bukan rebranding ya. Kalau rebranding kan, kita tidak mungkin berani ngomong Alva One," tegasnya.

Sementara itu, Alva One sendiri dijual dengan harga yang cukup mahal, Rp 34 jutaan. Padahal, jika memang ingin motor listrik diterima di pasar Indonesia, harga yang ditawarkan bisa lebih terjangkau dan bersaing dengan motor konvensional.

Motor listrik yang diklaim sudah dirakit secara lokal ini, dirancang untuk membawa tren baru dalam berkendara. Dibekali dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport motor ini menawarkan sensasi bermotor yang menyenangkan.

Setiap modenya memberikan performa yang efektif sesuai dengan tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam, dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam.

Dibekali dengan torsi 46,5 Nm dan kecepatan yang tinggi, motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sesuai dengan kebutuhan pengendara, dan mampu menempuh jarak tempuh sejauh 70 km dengan pengisian sekitar 4 jam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS