Sukses

5 Mobil Hatchback Bekas Pilihan dengan Harga Tak Sampai Rp 100 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun mobil di kelas LCGC sering disebut-sebut sebagai mobil murah, pada kenyataannya harganya di atas Rp 100 juta. Contohnya saja Daihatsu Ayla termurah yang minim fitur pun dijual dengan harga Rp 108 jutaan.

Nilai jual tersebut tentu terasa berat bagi remaja. Namun bagi anak muda yang menginginkan mobil keren dengan dana terbatas, pilihan ideal adalah membeli mobil bekas. Di pasar mobil bekas, selain harga lebih bersahabat, tersedia beragam pilihan menarik.

Bagi kaum milenial atau yang berjiwa muda, mobil kelas hatchback bisa menjadi pertimbangan yang menarik. Segmen ini kerap diisi mobil bertampilan sporti dan mempunyai ukuran yang cocok untuk jalanan perkotaan.

Berikut pilihan mobil hatchback di bawah Rp 100 juta:

1. Ford Fiesta

Pertama adalah Ford Fiesta. Mobil asal Amerika Serikat ini kerap dikenal sebagai pilihan paling sporti di antara kompetitor di masanya, lantaran rasa handling mobil ini paling unggul. Ford Fiesta juga mempunyai tampilan yang modern, bahkan terbilang tidak termakan waktu.

Kendati demikian bagi para peminang Ford Fiesta, terutama mobil dengan transmisi Dual Clutch, wajib waspada. Jika mobil tersebut minim perawatan berkala, ada kemungkinan besar transmisi tersebut akan mengalami kerusakan berat setelah beberapa kali pemakaian.

Ford Fiesta dijual di pasar mobil bekas dengan harga Rp 80-110 jutaan.

2. Toyota Yaris "Bakpao"

Berikutnya adalah Toyota Yaris generasi kedua yang kerap disebut sebagai Yaris "bakpao". Nama tersebut berasal dari bentuknya yang membulat layaknya makanan bakpao, terutama jika mobil berwarna putih.

Toyota Yaris menjadi pilihan ideal bagi yang menginginkan hatchback minim masalah. Bukan tidak perlu perawatan, melainkan memiliki sejarah tanpa kerusakan fatal dan ketersediaan suku cadang yang memadai.

Di berbagai situs jual beli mobil bekas, Toyota Yaris bakpao kerap dijual di kisaran Rp 80-120 jutaan, tergantung kondisi dan tahun produksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Suzuki Swift

Ketiga adalah Suzuki Swift. Hatchback satu ini sempat populer menjelang debut perdananya di tahun 2005, namun tidak sesukses para rivalnya seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Suzuki Swift generasi pertama mempunyai tampilan unik dan tidak termakan waktu. Bahkan tampil lebih keren melalui pengenalan Suzuki Swift Sport yang dipasangkan bodykit dan pelek khusus. Generasi kedua mobil ini lebih membulat dan mengutamakan kenyamanan dibanding model sebelumnya.

Suzuki Swift seken bisa dipinang dengan mahar Rp 80-100 jutaan untuk generasi pertama, atau di atas Rp 110 jutaan untuk generasi kedua.

4. Honda Brio gen.1

Keempat adalah Honda Brio generasi pertama. Meski dipasarkan sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC), hatchback ini sejak awal telah dirancang oleh Honda sebagai mobil dengan karakteristik pengendalian yang sporti.

Namun demikian, rasa pengendalian tersebut dipadukan dengan interior berdesain kuno dan finishing yang kurang memadai. Setidaknya Honda Brio versi awal sudah dipasangkan ABS, EBD, radio single din, sepasang airbags dan AC.

Honda Brio generasi pertama kerap ditawarkan dengan harga Rp 90-100 jutaan.

5. Mazda 2

Terakhir adalah Mazda2 generasi pertama. Sama seperti Ford Fiesta, yang menjadi basisnya, hatchback ini mempunyai tampilan yang sporti dan dinamis, tidak termakan waktu.

Untuk varian paling lengkap dan sporti, Mazda2 tipe R bisa menjadi pertimbangan. Model ini dipasangkan bodykit khusus, pelek berukuran 16 inci, audio steering switch, MID dan mesin 1.500cc dengan semburan tenaga 111 hp dan torsi 140 Nm. Cukup bertenaga di kelasnya.

Mayoritas Mazda 2 ditawarkan pada kisaran angka Rp 90-100 jutaan.

Sumber: Otosia.com