Sukses

Skutik Listrik Kymco Ionex Bisa Meluncur hingga 200 Km, Harga Cuma Rp20 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta - Kymco Italia memperkenalkan skutik listrik Kymco Ionex yang sanggup melaju hingga 200 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. Sistem tukar baterai atau battery swap membuat motor ramah lingkungan ini semakin menarik untuk dilirik.

Mengutip Rideapart, skutik dengan nama lengkap Ionex Many 110 EV ini sejatinya sudah dipamerkan dalam pameran otomotif EICMA Milan 2021 lalu namun saat itu masih dalam bentuk prototipe. Nah, model yang sudah diperkenalkan secara resmi itu tampil lebih sempurna dengan beberapa teknologi yang dimilikinya.

Dari segi kelistrikan, Kymco Ionex Many 110 dibekali dengan dinamo listrik berkapasitas 3.200 watt atau setara 4,3 daya kuda. Sementara sistem baterai menggunakan model LiFePo4 (LFP) yang mana klaim pabrikan dalam sekali isi penuh, kendaraan bisa melaju sampai 124 mil atau 200 kilometer.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, salah satu keunggulan yang ditawarkan motor setrum ini adalah sistem tukar baterai di beberapa spot yang sudah disiapkan oleh Kymco. Namun, bila ingin mengisi daya secara mandiri bisa juga dilakukan di rumah dengan hanya membutuhkan waktu 1 jam untuk mengisi baterai sampai penuh.

Menariknya skutik listrik ini menyediakan ruang untuk 5 baterai yang masing-masing memiliki berat 4,9 kilogram. Baterainya memiliki semacam pegangan yang mudah untuk dilepas maupun dibawa-bawa.

Dari segi bobot, Kymco Ionex Many 110 memiliki berat mencapai 93,9 kilogram dan bisa diklaim bisa mencapai kecepatan puncak hingga 50 kilometer per jam. Skuter listrik ini disebut cocok digunakan di jalanan-jalanan yang padat dan macet karena dimensinya yang tergolong kompak. 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 2 halaman

Fitur Kymco Ionex

Untuk menemani aktivitas pemiliknya, motor ini juga dibekali dengan berbagai fitur menarik. Misalnya adalah perangkat konektivitas antara motor dengan smartphone, jadi Anda bisa memantau segala informasi penting termasuk daya baterai dari layar gawai saja.

Selanjutnya adalah penyematan panel meter dengan akses navigasi pintar. Aplikasi arah itu terintegrasi juga dengan titik-titik pengisian baterai sehingga penggunaannya akan lebih menyenangkan.

Ionex Many 110 EV diklaim cocok dengan kebutuhan komuter khas perkotaan, namun Kymco belum merilis daftar harga resmi skuter listrik ini. Rencananya, KMI (dari grup Padana Sviluppo) akan mendistribusikan skuter Ionex ke seluruh dataran Italia.

Namun dari berbagai bocoran, konon harga yang diset oleh pabrikan menyentuh 1.420 dolar Amerika Serikat (AS) atau yang jika dikonversi ke Rupiah setara Rp20,6 jutaan. Menarik jika motor ini juga didatangkan ke Indonesia, apalagi merek motor asal Taiwan itu juga berniaga di pasar roda dua Tanah Air. Kita tunggu saja kejutannya. (Kit/Tom)

Sumber: Oto.com