Sukses

Coba Ganti 3 Komponen Ini, Tarikan Skutik Jadi Lebih Spontan dan Halus

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik skuter matik (skutik) biasanya mengeluhkan tarikan kendaraannya yang lemot dan berat. Sejatinya, ada cara untuk memperbaiki masalah tersebut, seperti mengganti beberapa komponen agar performa sepeda motor lebih ciamik.

Salah satunya dilakukan oleh Bengkel XO Motoshop, yang berlokasi di Meruya, Jakarta Barat, dengan melakukan pengetesan dengan mengganti tiga kompnen seperti kampas ganda, per sentri, dan mangkok ganda Fenrir Engineering.

Ketiga komponen tersebut dipasangkan ke unit Honda Vario 125 dan pihak bengkel membandingkan hasil dyno test sebelum dan sesudah pemasangan sistem kopling set Fenrir kode F1R, yang terdiri dari kampas ganda berbahan Feramic Kevlar, per sentri 1200 Rpm dan mangkok ganda dengan desain khusus.

"Ketiga produk ini kita pasang di skutik Vario 125 milik konsumen yang sudah di bore up. Kita mau dyno dan kita lihat berapa kenaikannya," ujar Krisna Leonard, Owner XO Motoshop Jakarta.

Berdasarkan hasil dyno, terlihat perbedaan grafik yang cukup signifikan. "Hasilnya, dari segi tenaga meningkat 0,6 hp sedangkan torsi naik 0,3 Nm. Tapi grafik akselerasinya menunjukkan perbedaan yang cukup jauh," ungkap Krisna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kesimpulannya, pemasangan produk Fenrir membuat transfer tenaga mesin melalui sistem transmisi CVT menjadi lebih maksimal dan halus tanpa gejala slip yang dapat menimbulkan getaran atau biasa disebut gredek, sehingga motor matic terasa lebih nyaman saat dikendarai.

"Selain akselerasi spontan, motor juga terasa lebih halus. Kalau di grafik biru itu banyak goyang dan yang merah lebih mulus. Nah di jalan pun sama, jadi saat ngebejek gas lebih pede, mesin minim power loss, tenaga lebih padet dan smooth," tegas Krisna.

Produk aftermarket yang mampu meningkatkan tenaga skutik ini, bersifat universal atau bisa dipasang di semua jenis skutik. Untuk spesifikasi dan harga, langsung lihat informasinya di website resmi Fenrir.

3 dari 3 halaman

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS