Sukses

Tanpa Diskon PPnBM, Bagaimana Nasib Mitsubishi Xpander?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang relaksasi Pajak Penjualan atas Barang mewah (PPnBM) untuk 2022. Namun, berbeda dengan 2021, diskon pajak yang ditanggung pemerintah ini, hanya diperuntukan bagi model low cost green car (LCGC) dengan harga di bawah Rp 150 juta atau kendaraan dengan banderol Rp 200 juta sampai Rp 250 juta.

Melihat hal tersebut, salah satu model keluarga bawah andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Xpander kemungkinan besar tidak bisa menikmati insentif dari pemerintah untuk tahun ini.

Pasalnya, harga untuk mobil asal Jepang ini, rata-rata sudah di atas Rp 250 juta dan hanya satu varian yang harganya masih masuk ke kategori penerima relaksasi PPnBM , yaitu GLS MT yang dilepas Rp 249.930.000.

Tetsuro Tsuchida, Director Sales and Marketing PT MMKSI menjelaskan, meskipun nantinya Xpander sudah tidak lagi menerima relaksasi PPnBM, namun pabrikan berlambang tiga berlian ini optimistis produknya masih diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia.

"Kami percaya produk kami selalu value for money, harganya sesuai dengan nilai yang didapatkan, kami selaku sajikan produk terbaik buat konsumen," ujar Tetsuro, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, berbicara persaingan di segmen LMPV, dan jika dibandingkan dengan kompetitor, terlebih terkait harga jual, Tetsuro menjelaskan jika Xpander menawarkan fitur yang berbeda dan lebih unggul dibanding produk lainnya.

"Kami setiap melakukan (pengembangan) produk selalu melakukan penelitian dan segmentasi produk. Ini produk yang sangat matang, sehingga konsumen dapat kendaraan yang memenuhi harapan mereka. Xpander baru dengan fitur-fitur terbaik di kelasnya, kami berusaha menawarkan yang terbaik dan TCO (total ownership) yang terbaik, serta pelayanan aftersales, resale value yang terbaik," tegasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kontributor penjualan terbesar

Sebagai informasi, Xpander (termasuk Xpander Cross) merupakan model yang mendominasi penjualan Mitsubishi sepanjang 2021.

Kontribusinya sendiri, mencapai 60,08 persen dengan meraih market share 34 persen atau telah terjual sebanyak 7.581 unit pada Desember 2021.

Angka tersebut meningkat 3.225 unit dibandingkan dengan penjualan mobil pada November 2021.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19