Sukses

Fisker Siapkan Mobil Listrik Khusus untuk Paus Fransiskus

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan kendaraan listrik di pasar dunia tengah berkembang dengan cukup cepat. Bahkan, Fisker telah mengumumkan jika pihaknya berencana untuk membangun mobil dinas Pemimpin umat Katolik, di Vatikan Roma, Italia, Paus Fransiskus bertenaga listrik.

Melansir Autoblog, mobil dinas yang disebut popemobile ini akan berdasarkan Ocean EV yang baru. Jenama asal Amerika Serikat tersebut akan mengirimkan apa yang disebut kendaraan transportasi untuk Paus ini tahun depan, sebelum memulai seri produksi dari Ocean.

Pengumuman Fisker untuk memberikan mobil listrik untuk Paus ini datang setelah Presiden Joe Biden mengindikasikan kendaraan presiden, yang dijuluki The Beast versi listrik tengah dipertimbangkan.

Presentasi kepada pemimpin agama ini, telah diungkap melalui sketsa dan rendering. Seperti yang terlihat, Paus Franciskus yang diedit dengan photoshop di atap gelembung kecilnya seperti pop-up.

2 dari 3 halaman

Mobil listrik pertama

"Saya mendapat inspirasi bahwa Paus Fransiscus sangat perhatian dengan lingkungan dan dampak perubahan iklim bagi generasi mendatang," ujar Henrik Fisker dalam pengumuman tersebut.

"Bagian dalam transportasi kepausan Fisker Ocean akan berisi berbagai bahan yang ramah lingkungan, termasuk karpet yang terbuat dari botol plastik daur ulang dari laut," tambahnya.

Sebelumnya, Paus juga telah mendapatkan mobil dinas listrik Opel Ampera-e. Pemberian mobil dari pabrikan asal negeri Pizza ini untuk mendukung tujuan kota Vatikan, untuk terbebas dari CO2 yang berlebihan. Dengan begitu, kota tersebut sudah mulai beralih ke energi terbarukan, dan kendaraan listrik.

3 dari 3 halaman

Infografis Waspada Klaster Baru Covid-19 Bermunculan