Sukses

Bikers Spanyol Wajib Pakai Sarung Tangan Saat Berkendara

Spanyol memberlakukan peraturan wajib menggunakan sarung tangan ketika berkendara.

Liputan6.com, Madrid - Penggunaan riding apparel yang dikenakan oleh bikers bukan hanya untuk meminimalisir cidera ketika berkendara. Beberapa riding gear yang harus selalu dipakai antara lain adalah sarung tangan, jaket, helm, sampai sepatu yang layak untuk keselamatan.

Dalam hal ini, Undang-Undang di Spanyol telah mewajibkan bikers untuk menggunakan sarung tangan di kala berkendara. Hal ini dikarenakan untuk tujuan keselamatan.

Sebelum Spanyol, negara Eropa lain yang sudah mewajibkan penggunaan riding gear tersebut adalah Prancis, di mana hal tersebut sudah dilakukan sejak 2017 lalu.

Pemberlakuan Undang-Undang tersebut dikarenakan pemerintah setempat memiliki pikiran bahwa ketika bikers terjatuh dari sepeda motor, maka anggota tubuh yang paling pertama di letakkan adalah telapak tangan.

"Ketika pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan dan terjatuh, secara naluriah ia akan meletakkan tangannya terlebih dahulu untuk menghindari hantaman tersebut. Sehingga menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak mengalami cidera," jelas Deputi Direktur Pelatihan DGT, Montserrat Perez.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Semua Bahan Diizinkan untuk Digunakan

Oleh karena itu, ia merasa bahwa penggunaan sarung tangan tersebut menjadi sebuah kewajiban yang utama dalam berkendara, selain penggunaan jaket serta beberapa riding apparel lainnya.

Dengan penggunaan sarung tangan tersebut, maka cidera yang seharusnya melukai tangan bikers menjadi lebih sedikit lantaran sudah terlindungi dengan riding gear tersebut.

Namun, dalam penerapannya tidak semua bahan sarung tangan akan diizinkan atau diberi sertifikasi. Beberapa bahan yang tidak diizinkan tersebut adalah denim, wol, kulit halus atau nilon.

Sedangkan untuk spesifikasi yang standar, sarung tangan tersebut harus terbuat dari kulit tebal, agar bisa memproteksi diri bikers saat terjadi kecelakaan.

3 dari 3 halaman

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.