Sukses

Mobil Tiba-Tiba Mogok Saat Musim Hujan, Segera Lakukan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Hujan besar sudah melanda Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2021. Ini menyebabkan timbulnya genangan air yang cukup tinggi dan harus diantisipasi oleh pengguna mobil.

Salah satu kekhawatiran pengguna mobil adalah mobil tiba-tiba mogok. Jika hal ini sampai terjadi, tentu pengemudi bisa melakukan beberapa langkah yang bisa dilakukan sendiri. Dikutip dari keterangan Asuransi Tugu Pratama, yang pertama adalah dorong mobil hingga ke pinggir jalan sebelum mengecek mesin.

Langkah ini sangat penting penting untuk mengamankan mobil dan menjaga keselamatan bagi pengguna jalan. Anda juga bisa meminimalisir risiko kecelakaan seperti tertabrak dari belakang.

Setelah itu nyalakan lampu hazard atau penerangan lainnya. Lampu ini akan memberikan isyarat bagi pengendara lain di belakang bahwa mobilmu bermasalah.

 

2 dari 4 halaman

Segitiga Pengaman

Ketiga, pasang segitiga pengaman. Dalam kondisi lalu lintas padat, pasang segitiga pengaman di bagian depan dan belakang mobil.

Dengan adanya segitiga pengaman, pengguna jalan lainnya akan berhati-hati saat melintas. Untuk itu, pastikan untuk selalu membawa segitiga pengaman di bagasi mobil. 

Keempat, memeriksa lampu indikator hingga ban. Simbol-simbol pada lampu indikator pada mobil bisa memberitahukan penyebab mobil mogok.

Misalnya, jika suhu radiator terlalu tinggi atau saat bahan bakar habis. Apabila masalah tidak ada pada indikator, periksalah bagian mobil mulai dari ban, radiator, hingga aki. Untuk ban bermasalah bisa diatasi dengan menggunakan ban cadangan.

Kelima, menghubungi jasa derek. Kamu bisa menghubungi jasa derek jika kesulitan mengatasi mobil yang mogok, misalnya layanan bantuan derek Tugu Real Experience (t rex).

Sumber: Dream.co.id

 

3 dari 4 halaman

Infografis Penindakan Tegas Pelanggar PSBB

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: