Sukses

Kaleidoskop 2020: Lokalisasi Mobil Listrik Toyota hingga Momentum Pasar Otomotif Nasional

Berbeda dengan 2019, tahun ini seluruh dunia mengalami dampak pandemi yang terjadi karena virus Corona Covid-19. Hal ini membuat industri mengalami efek negatif tak terkecuali otomotif.

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan 2019, tahun ini seluruh dunia mengalami dampak pandemi yang terjadi karena virus Corona Covid-19. Hal ini membuat industri mengalami efek negatif tak terkecuali otomotif.

Pada November 2020, Toyota memiliki prediksi lokalisasi kendaraan listrik pada tahun 2022 mendatang. Strategi tersebut sejalan dengan target pemerintah terkait mobil ramah lingkungan.

Dari seluruh peristiwa sepanjang September hingga Desember 2020, berikut 8 berita yang paling menarik di kanal Otomotif Liputan6.com dalam Kaleidoskop 2020.

September:

Tiruan Ducati Scrambler Ini Dibanderol Rp20 Jutaan Saja

Pabrikan Cina memang tak pernah kehilangan akal untuk memberik kejutan. Kali ini Lifan menciptakan tiruan Ducati Scrambler dengan kapasitas mesin 125 cc.

Unit ini sudah dipasarkan di Thailand dan di beberapa negara di Asia. Tampilannya cukup meyakinkan. Bodi dari depan hingga belakang benar-benar menyontek Ducati Scrambler. Jika kita lihat lebih detail, bagian ban, tangki, jok serta lampunya sangat menyiratkan tema a la Scrambler. Namun saat melihat ke arah mesin, barulah kita menyadari dan pasti kecewa.

Sesuai namanya, ia berkapasitas 125 cc, 4 tak, berpendingin udara dan juga pengabut bahan bakar yang sudah injeksi. Mesinnya itu dipasang horizontal dengan model ‘tidur’ sama seperti motor - motor bebek kebanyakan. Ia juga bukanlah kuda besi yang menggunakan kopling basah, lihat saja di stangnya.

Baca selengkapnya di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Oktober

Tak Perlu Makan Odading, Pakai Helm Ini Rasanya Seperti Menjadi Iron Man

Helm menjadi perlengkapan yang paling penting saat berkendara motor. Berfungsi untuk melindungi kepala, helm mampu mengurangi risiko cedera parah atau bahkan meninggal dunia saat kecelakaan.

Berbagai jenis helm beredar di pasaran, baik yang half face ataupun full face dari segala merek. Tapi, ada juga helm unik mirip seperti yang digunakan tokoh superhero, Iron Man.

Melansir akun Instagram @dramaojol.id, seorang pengemudi ojek online menggunakan helm yang mirip dengan topeng atau pelindung kepala Tony Stark. Bahkan, terlihat helm ini cukup canggih hingga bagian depannya bisa menutup sendiri.

Baca selengkapnya di sini

3 dari 5 halaman

November

Salah Pakai Motor Jadi Penyebab Fabio Quartararo Kehilangan Gelar Juara Dunia MotoGP 2020?

Pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo sempat memiliki kans untuk merengkuh gelar MotoGP 2020. Sayang ia gagal mewujudkannya karena pembalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir, yang berhasil merebutnya.

Atas kegagalan ini, Quartararo malah menyalahkan motornya. Pembalap asal Prancis itu menyebut motor yang ia gunakan tidak dalam setelan yang pas.

Beberapa seri terakhir Quartararo ternyata menggunakan motor dengan setelah pabrikan. Seperti diketahui, pembalap dengan nomor start 20 itu bakal pindah ke tim pabrikan Yamaha mulai MotoGP 2021.

Keputusan menggunakan motor dengan setelan pabrikan justru menjadi bumerang bagi dirinya lantaran tidak langsung membuat performanya melejit.

"Itulah yang membantu saya menandatangani kontrak dengan tim pabrikan bahwa kami ingin motor tersebut. Sayangnya, untuk musim ini, pilihan itu tidak tepat," kata Quartararo.

Baca selengkapnya di sini

Lokalisasi Mobil Listrik Toyota Indonesia Dimulai 2022, Siap Ekspor Juga

Toyota Indonesia bersemangat menatap era kendaraan listrik di pasar otomotif nasional. Dan baru-baru ini, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengungkapkan tengah menyiapkan lini-up mobil listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV) setelah sebelumnya lebih dulu memasarkan mobil hybrid.

"Kami memiliki banyak pilihan teknologi elektrifikasi, saat ini kami sudah siapkan 3 teknologi baik HEV, PHEV, dan Battery Full EV untuk pelanggan di Indonesia," terang Kazunori Minamide, Marketing Director PT TAM dalam webinar "Toyota-Astra motor Electrification Day", Rabu (18/11/2020).

Toyota Indonesia sendiri siap memproduksi kendaraan listrik secara lokal melalui fasilitas yang dimiliki PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Jika tidak ada aral melintang, proses produksi bisa dilakukan pada 2022.

"2022 kami sudah mulai memproduksi (kendaraan listrik) di dalam negeri, bukan impor. Dan kami berharap juga bisa menjadi basis ekspor (kendaraan listrik Toyota)," terang Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Baca Selengkapnya di sini

Kalah Pamor, Yamaha R6 Tidak Akan Dijual Bebas

Yamaha dikabarkan akan menyuntik mati salah satu moge andalannya, yaitu Yamaha R6. Rencana ini akan terlaksana pada tahun depan. Selain terbentur masalah emisi Euro5, motor ini juga kalah pamor dengan moge 1.000cc.

Seperti diberitakan Visordown, Yamaha R6 tidak sepenuhnya mati karena akan tetap dijual sebagai model khusus untuk trek balap yang tidak memerlukan homologasi.

Baca selengkapnya di sini

4 dari 5 halaman

Desember

Yamaha NMax 155 Connected Dihadirkan untuk Perkuat Posisi Skutik Maxi

Yamaha Indonesia menghadirkan varian baru dari Yamaha NMax 155. Mereka menjulukinya Yamaha NMax 155 Connected.

Varian baru ini merupakan Yamaha NMax 155 versi standard yang fiturnya ditingkatkan. Tidak hanya fitur, Yamaha NMax 155 Connected juga menawarkan pilihan warna baru.

"Dengan penuh rendah hati, kami meluncurkan All New NMAX 155 versi Standard Upgrade yang telah Connected untuk menambah line up produk All New NMAX 155 yang sudah ada. Dengan harapan, pecinta Maxi Yamaha mempunyai lebih banyak varian pilihan sesuai kebutuhan masing-masing,” terang Exc. Vice President & COO, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dyonisius Beti, dalam keterangan resminya.

Disebutkan, Yamaha NMax 155 Connected telah dilengkapi fitur Y-Connect. Melalui fitur yang bisa terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi tersebut, pengendara bisa mendapatkan informasi terkait notifikasi telepon dan pesan masuk di dashboard motor.

Baca selengkapnya di sini

Musim Hujan, Pengendara Motor Jangan Lupa Periksa Kelengkapan Berkendara

Menghadapi musim hujan, pengendara motor harus lebih waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan. Hal ini tak terlepas dari kondisi cuaca dan angin kencang.

Melihat hal tersebut, Yamaha Riding Academy (YRA) berbagi tips berkendara. Terdapat beberapa poin penting yang bisa menjadi panduan berkendara aman dan nyaman.

"Saat musim hujan pengendara motor wajib tetap menjaga keselamatan berkendara. Terkait dengan hal itu, Yamaha Riding Academy mempunyai tips yang dapat digunakan oleh bikers kala memacu sepeda motor di tengah kondisi hujan,” kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca selengkapnya di sini

Fokus Otomotif: Menanti Momentum Pasar Otomotif Nasional Memuncak Kembali

Pasar otomotif Tanah Air turut terdampak pandemi Corona Covid-19. Alhasil perolehan penjualan kendaraan bermotor dalam negeri di tahun ini merosot tajam dibanding tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesale sales selama Januari-November 2020 mencapai 474.910 unit. Angka tersebut turun 49,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 945.245 unit.

Baca selengkapnya di sini

5 dari 5 halaman

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.