Sukses

JIExpo Kantongi Izin Pameran, IIMS Siap Digelar Februari 2021

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 yang terjadi di Indonesia juga berimbas pada penyelenggaraan berbagai pameran di Tanah Air, termasuk otomotif. Namun, setitik harapan muncul, setelah PT Dyandra Promosindo sebagai pelaksana Indonesia International Motor Show (IIMS) mengumumkan acara yang rencananya bakal dihelat 18 sampai 28 Februari 2021 selangkah lagi terwujud.

Hal tersebut, setelah tempat pameran, yaitu Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, mendapatkan Surat Keputusan (SK) sebagai venue convention dan exhibition berstandar internasional mendapat izin melaksanakan pameran dengan ketentuan ketat.

Hal ini dituangkan dalam Surat Keputusan Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata di masa PSBB Transisi Bagi Kegiatan Pameran yang dikeluarkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, nomor 526 tahun 2020.

Untuk mendapatkan SK, tentu bukan perkara mudah. Pemerintah yang memiliki kewenangan, menetapkan standar tinggi terhadap pengelola venue.

Dalam hal ini JIExpo Kemayoran dinyatakan memenuhi syarat dalam proses persiapan, inspeksi hingga tahap simulasi faktual dalam penerapan Prokes lengkap, berlapis dan komprehensif.

Beragam fasilitas Prokes seperti ambulans, ruang isolasi, disinfectant chamber, alat screening suhu tubuh yang telah terkalibrasi, ruang P3K, hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan, media informasi dan rambu-rambu terkait penerapan Prokes, SOP dan Satgas Covid-19.

"Surat Keputusan untuk JIExpo patut kita syukuri. Tetapi harus diiringi komitmen setiap penyelenggara event, untuk memperkuat dan mempertebal Prokes dalam hubungannya interaksi manusia," sebut Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (22/12/2020).

2 dari 4 halaman

Protokol kesehatan

Sejalan dengan itu, Dyandra juga berkomitmen untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, baik tahap konstruksi booth, pembatasan jumlah pengunjung (crowd control), memperbesar gangway, dan pembatasan acara pendukung agar memastikan tidak akan terjadi kerumunan orang di luar ketentuan.

"Sebagai EO pameran yang sudah berkarya 26 tahun, Dyandra siap beradaptasi dengan cara baru dan membuat alternatif perspektif berbeda menikmati pameran. Bagi client kami, prioritasnya bukan lagi seberapa besar jumlah pengunjung. Tapi bagaimana awareness dan product knowledege tersampaikan pada target market masing-masing. Dan tentunya memenuhi Key Perfomance Indicator (KPI) jumlah produk terjual," lanjut pria yang akrab disapa KoHen ini.

Di atas kepentingan bisnis, Dyandra Promosindo bersama JIExpo mengedepankan faktor kesehatan dan keselamatan para pihak yang terlibat dalam pameran.

Dengan mencermati situasi pandemi yang tentunya masih dinamis, Dyandra dan JIExpo sepakat untuk menyiapkan antisipasi jika terjadi kondisi di luar kendali bersama (Force Majeure) yaitu kondisi pandemi Covid-19 dianggap masih belum kondusif untuk menyelenggarakan pameran. Arahan dari regulator menjadi pegangan waktu penyelenggaraan IIMS 2021.

"Kami sangat siap menyambut IIMS 18-28 Februari 2021. Namun, kami telah siapkan jadwal cadangan di JIExpo untuk IIMS, 18 – 28 Maret 2021 dan 15 – 25 April 2021 demi memastikan IIMS 2021 tetap berjalan," tambah Ralph Scheunemann, Marketing Director JIExpo.

3 dari 4 halaman

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: