Sukses

Mengintip Spesifikasi Motor Touring Terbaru Yamaha

Liputan6.com, Jakarta - Masuk generasi ketiga, perubahan total dilakukan terhadap Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT. Berada di segmen sport-touring, motor terbaru ini menampilkan mesin dan rangka terbaru.

Motor ini menggunakan mesin 890 cc, tiga silinder, empat katup segaris, DOHC, berpendingin cairan Euro 5, kinerja jantung pacu meningkat karena menghasilkan tenaga maksimum hingga 115 Tk pada 10.000 rpm.

Mirip dengan Yamaha MT-09 terbaru, torsi puncak yang mampu dicapai yakni 93 Nm pada 7.000 rpm. Mesin ini juga dilengkapi knalpot kembar baru, sehingga bobot kendaraan berkurang 1,4 kilogram.

Seperti dilansir Car and Bike, Kamis (19/11/2020), injektor baru pada motor menyemprotkan bahan bakar langsung ke kepala silinder, bukan melalui badan throttle.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui gearbox enam kecepatan yang dilengkapi dengan slip and assist clutch, serta sudut cam yang telah direvisi sehingga kopling terasa lebih ringan.

Gear ratio motor ini juga diperbarui untuk menyesuaikan peningkatan torsi pada putaran mesin yang lebih rendah.

Mendapat rangka baru, swingarm motor ini lebih panjang 60 mm. Seperti MT-09 dan MT-09 SP, Tracer 9 terbaru memiliki IMU enam sumbu yang diturunkan dari Yamaha YZF-R1.

2 dari 4 halaman

Empat Mode Berkendara

IMU yang disematkan diklaim mampu mengatur ABS, mengontrol traksi dan memungkinkan pengendara mengelola sejumlah sistem bantuan termasuk kontrol traksi tiga tingkat.

Memiliki empat mode berkendara, Mode 1 menjadi yang paling agresif, Mode 2 untuk berkendara serba guna, Mode 3 untuk pengiriman tenaga yang lebih lembut dan Mode 4 untuk berkendara dalam kondisi basah.

Motor pabrikan Jepang ini juga hadir dengan cruise control standar, yang dapat digunakan pada kecepatan di atas 40 kilometer per jam.

Pengereman motor ditangani cakram kembar berukuran 298 mm di bagian depan, dan ABS dua tingkat. Selain itu, terdapat juga dua layar TFT 3,5 inci.

Menjadi varian teratas, Yamaha Tracer 9 GT mendapat beberapa tambahan fitur sehingga berkendara jarak jauh diklaim lebih nyaman.

Rencananya Yamaha Tracer 9 dan Tracer 9 GT terbaru diharapkan akan diperkenalkan di Eropa Maret 2021.

3 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: