Sukses

Bawa Joan Mir Juara Dunia, Ini Spesifikasi Suzuki GSX-RR di MotoGP 2020

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2020. Meskipun hanya finish di urutan ke-7 seri Valencia, namun pria berkebangsaan Spanyol ini merupakan rider paling konsisten pada musim ini.

Hal tersebut, tak lepas dari rancikan canggih pabrikan berlambang huruf S ini, untuk tunggangan sang pembalap, Suzuki GSX-RR.

Di atas kertas, Suzuki GSX-RR milik Joan Mir menggendong mesin berkapasitas 1.000cc empat silinder segaris, DOHC, empat tak, dan empat katup setiap silinder dengan sistem pendinginan radiator.

Jantung penggerak tersebut dikawinkan dengan transmisi 3nam percepatan seamless. Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghasilkan daya hingga 250 Ps dengan kecepatan maksimum hingga 340 km/jam.

Tidak hanya mesin, Suzuki GSX-RR yang digunakan Joan Mir ini juga didukung sasis alumunium twin-spar, dengan suspensi upside-down milik Ohlins di bagian depan. Pada bagian buritan, suspensinya juga didukung oleh Ohlins.

2 dari 4 halaman

Livery

Motor ini memiliki dimensi panjang 2.096 mm, lebar 720mm dan tinggi 1.140mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 1.457mm, dengan bobot hanya 157 kg.

Bagian kaki-kaki, motor ini menggunakan ban Michelin 17 inci depan dan belakang. Sistem pengereman, menggunakan perangkay dari Brembo serta piringan karbon mauoun baja.

Selain itu, motor ini mengadopsi perangkay lunak Magneti Marelli. Suzuki GSX-RR Joan Mir mengadopsi livery klasik 1960-an dengan dominasi warna perak dan biru, yang terinspirasi dari motor balap Suzuki di ajang Isle of Man TT pertama pada 1960.

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Sukses Joan Mir Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir mengamankan gelar juara dunia MotoGP 2020 meski hanya menduduki peringkat tujuh seri Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020).

Terlepas kegagalannya naik podium, Joan Mir merupakan rider paling konsisten pada MotoGP musim ini.

Sosok berusia 23 tahun itu tujuh kali masuk tiga besar, termasuk satu kemenangan pada seri Eropa pekan lalu. Kinerja itu membuat perolehan poinnya di klasemen sementara tidak mungkin terkejar meski kompetisi menyisakan satu seri di Portugal pekan depan. 

Ada sejumlah fakta menarik di balik capaian Mir. Salah satunya berupa kesuksesan jadi pembalap Spanyol keempat yang memenangkan MotoGP.

Baca selengkapnya di sini.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: