Sukses

Persaingan Ketat Kontes Gerobak Listrik di IMX 2020

Kontes modifikasi Gerobak Listrik (Gelis) di Indonesia Modification Expo 2020 bertajuk 'Gelis Tuner Competition' berlangsung ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Kontes modifikasi Gerobak Listrik (Gelis) di Indonesia Modification Expo 2020 bertajuk 'Gelis Tuner Competition' berlangsung ketat.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Kemenperin dan NMAA bersama PT Solar Panel Indonesia (SPI) selaku produsen Gelis.

Kontes ini diharapkan dapat memicu produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tetap mengikuti perkembangan zaman menggunakan kendaraan penunjang usaha yang ramah lingkungan, fungsional, dan terjangkau.

"Gelis yang 100 persen berpenggerak motor listrik berbasis sumber daya listrik dari baterai merupakan implementasi amanah Perpres 55 tahun 2019, untuk percepatan kendaraan listrik di jalan raya. Gelis akan memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas, menyentuh level grass root untuk turut serta merasakan sensasi teknologi kendaraan listrik yang efisien, harga terjangkau, dan ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif. Introduksi Gelis sekaligus akan menjadi media kreativitas bagi modifikator mewujudkan talentanya dan pengembangan komponen dan parts," jelas Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI saat awal pengumuman lomba Juli lalu.

Dari tiga kontestan yang ikut, Tim Yoong Motor memenangkannya. Kendaraan komersial tanpa bensin ini tampil all out sesuai dengan konsep dasar dan visi masa depannya.

"Kami sangat susprise, produk kami bisa dimodifikasi sedemikian rupa. Kami berkomitmen untuk memanfaatkan desain-desain ini untuk edukasi konsumen. Gerobak listrik adalah kendaraan sejenis pertama yang diproduksi anak bangsa," jelas Chief Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia , Ary Tjahyono, selaku produsen Gelis (10/10).

Berikut adalah detail modifikasi para kontestan:

Tim HSR

Mengadopsi mayoritas warna hitam, Gelis racikan HSR tampil cukup stand out. Disebut, kendaraan listrik ini terinspirasi dari Batman. Alhasil, kelir gelap dan gagah layaknya mobil Batman Tumbler.

Desain bodinya dibuat layaknya peralatan fungsional, seperti kunci pas dan tool box. Disebut, rancangannya ditujukan untuk menjadi penunjang UMKM di pelosok.

Karenanya Gelis HSR Batman ini menggunakan kaki-kaki kekar dan ban pacul. Aplikasi ban ini, diyakini bisa membuat sang motor roda tiga, melaju di segala medan, berbatuan, tanah, juga aspal tentunya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Lainnya

Tim Yoong Motor

Tema Go Green dengan aplikasi all outnya, membuat tim ini jadi juara. Motor roda tiga berbasis listrik, dioptimalkan konsepnya dengan kondisi saat ini. Konsep niremisinya dioptimalkan, dengan memasangkan panel solar di bagian atap boks. Listrik yang dipanen, bisa disimpan dalam baterai (aki) untuk menyalakan peranti Ecosteamer.

Alat Ecosteamer dijelaskan merupakan karya anak bangsa. Peranti ini bekerja multifungsi, menghasilkan uap untuk dijadikan disinfektan, maupun mencuci kendaraan dan kabin.

Aplikasi peralatan dengan konsep Gelis, diyakini sangat cocok dengan situasi pandemi yang menuntut kebersihan udara.

Tim Raptor

Konsep terakhir menyajikan Gelis dalam format yang lebih praktikal. Tak ada kabin khusus untuk driver, namun memungkinkan tiga orang duduk di kokpitnya.

Aplikasi ini mendukung penggunaan saat berdagang. Agar kendaraan tetap aman dan mudah dipantau oleh pelaku bisnis, GPS portable pun dipasangkan.

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi dan Harga Gelis

Kualitas, performa, dan durabilitas telah ditunjukkan melalui produk tipe pertama, yaitu Gelis 300. Berbekal motor elektrik berdaya 800 Watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH, GELIS 300 mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 Km/jam dengan jarak tempuh rata-rata 30 Km.

Gelis 300 didukung rangka ringan dengan berat kotor mencapai 600 Kg mampu mengangkat beban hingga 300 Kg. Hal ini dapat dilakukan berkat penggunaan per belakang model daun (per pikul) dan suspensi depan telescopic. Kendaraan tiga roda berpenggerak roda belakang ini juga mampu menanjak hingga sudut kemiringan 15 derajat.

Motor listrik komersial ini tersedia di pasaran dalam empat varian, yaitu Light Metal, Retro, dan Cargo dengan harga berkisar mulai Rp 20 juta, Gelis Garb dibandrol mulai kisaran Rp 21 juta.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.