Sukses

Hengkang dari F1, Honda Fokus Kembangkan Mesin Ramah Lingkungan

Honda Motor Co., Ltd telah resmi mengumumkan keluar dari ajang Formula One (F1) pada akhir 2021

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Co., Ltd telah resmi mengumumkan keluar dari ajang Formula One (F1) pada akhir 2021. Keputusan ini diambil, sesuai dengan arahan Honda sebagai produsen kendaraan agar lebih fokus untuk mengembangkan mesin ramah lingkungan.

Dijelaskan Takahiro Hachigo, Representative Director and CEO Honda Motor Co., Ltd, di ajang F1, Honda telah sukses mencapai tujuan untuk meraih kemenangan. Dan sekarang, pihaknya akan menyalurkan kekuatan untuk mencapai inovasi di bidang baru dalam menciptakan unit tenaga dan energi bebas karbon serta mewujudkan pengimbangan karbon.

"Ini akan menjadi tantangan yang berat dan sulit seperti berkompetisi di F1, dan juga akan menjadi tantangan besar yang harus dihadapi Honda bersama masyarakat," jelas Takahiro dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (5/10/2020).

Sebagai bagian dari industri otomotif yang telah mengalami perkembangan pesat selama 100 tahun terakhir, Honda telah memutuskan untuk mengupayakan realisasi pengimbangan karbon pada 2050. Untuk mencapai tujuan ini, Honda akan memfokuskan sumber daya perusahaannya dalam penelitian dan pengembangan ke bidang unit daya dan teknologi energi untuk masa depan, termasuk teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai EV (BEV), yang akan menjadi inti dari produk dengan teknologi bebas karbon.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelitian Baru

Saat ini, Honda membuat keputusan untuk mempercepat inisiatif tersebut dengan target mewujudkan dua per tiga dari seluruh penjualan unit mobil globalnya pada 2030 adalah mobil listrik.

Sebagai bagian dari langkah ini, pada April 2020, Honda membuat penelitian baru yang disebut Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy.

 

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Pengalaman

Honda akan mengalokasikan manajemen energi dan teknologi bahan bakar serta pengetahuan yang terkumpul melalui aktivitas F1 untuk unit daya dan teknologi energi ini dan mengambil inisiatif sambil berfokus pada realisasi pengimbangan karbon di masa depan.

Sebagai informasi, Pada 2015, Honda kembali berkompetisi di F1 sebagai pemasok mesin kepada beberapa tim dan telah menunjukkan performa yang sangat kompetitif di ajang ini. Pada musim 2020, Honda memasok mesin untuk dua tim sekaligus, yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri.

4 dari 4 halaman

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.