Sukses

Kerja Sama dengan Geely, Volvo Mulai Produksi SUV Listrik Canggih

Liputan6.com, Ghent - Kendaraan listrik tengah berkembang pesat di dunia. Tidak hanya sebatas sedan, mobil ramah lingkungan juga telah didominasi oleh model sport utility vehicle (SUV), yang penjualannya juga tengah meningkat di pasar global.

Melansir Paultan, bahkan Volvo telah mulai memproduksi SUV listriknya, XC40 Recharge Pure Electric P8. Produsen asal Swedia ini mengatakan, permintaan SUV listrik kompaknya begitu kuat sehingga setiap unit yang dijadwalkan akan dibangun saat ini sudah terjual.

"Hari ini adalah momen penting bagi Volvo Cars, dan untuk semua karyawan di sini (Ghent, Belgia). Saat ini kami terus melengkapi jajaran produk kami, dan pabrik Ghent adalah pelopor nyata untuk jaringan manufaktur global kami," jelas Kepala Operasi dan Kualitas Industri Volvo Global, Javier Varela.

"XC40 Recharge adalah yang pertama dari banyak model Volvo listrik penuh yang akan datang," tegasnya.

 

2 dari 5 halaman

Platform CMA

Model ini, dibangun berdasarkan platform Compact Modular Architecture (CMA) yang dikembangkan bersama Geely.

Varian P8 ditenagai oleh dua motor listrik, dengan yang satu menggerakkan poros penggerak. Model ini tersedia dengan penggerak semua roda, dan tenaga gabungan 402,4 Tk dan torsi maksimum 660 Nm.

 

3 dari 5 halaman

Baterai

Baterai lithium-ion 78 kWh tertanam di bawah lantai mobil ini, yang menawarkan jangkauan sekitar 400 km jika baterai terisi penuh.

Terakhir, model ini didukung pengisian baterai DC 150kW dengan koneksi CCS (pengisian AC menggunakan koneksi Type 2), sehingga mampu mengisi baterai dari 0 sampai 80 persen hanya 40 menit.

4 dari 5 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: