Sukses

Mobil Amfibi Langka Ini Dijual, Berminat Meminangnya?

Liputan6.com, Pennsylvania - Pada tahun 1960-an, salah satu ide unik yang pernah ada adalah memiliki mobil yang bisa juga digunakan sebagai perahu, mobil tersebut bisa disebut mobil amfibi. Berdasarkan ide tersebut,Hans Trippel membuat Amphicar yang diproduksi sekitar 4.000 unit selama 3 tahun.

Sampai sekarang masih ada beberapa unit yang bertahan, bahkan Anda berkesempatan untuk memilikinya. Dilansir Autoevolution, sebuah Amphicar 770 lansiran 1964 yang jarang dipakai dijual di eBay. Penjualnya adalah Classic Auto Mall dari Morgantown, Pennsylvania.

Mobil amfibi tersebut diklaim belum pernah digunakan di air. Sang penjual juga mengatakan ragu untuk mencobanya di air, karena takut ada kebocoran dan juga body mobil tersebut sudah berkarat di beberapa titik.

Jarak tempuhnya baru menyentuh angka 3.188 km, dan mobil tersebut sama sekali belum dibawa ke habitat keduanya. Calon pembeli yang ingin menjajal mobil amfibi ini di air harus melakukan perbaikan terlebih dahulu.

 

2 dari 5 halaman

Dilengkapi Baling-Baling

Amphicar 770 menggunakan mesin Triumph Herald, tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 4-percepatan. Untuk bergerak di air, Amphicar 770 dilengkapi dua baling-baling. Mobil ini bukanlah mobil yang memiliki performa baik di darat, sebagai perahu pun performanya biasa saja.

Bagi Anda yang berminat, mobil amfibi ini dijual dengan proses lelang. Dikutip dari Autoevolution, penawaran sudah mencapai $29.870 (Rp443 juta).

3 dari 5 halaman

Keren, Pria Ini Buat Mobil Amfibi dari Mobil Jadul

Seorang pria asal Tiongkok membuat inovasi yang cukup hebat. Dia membuat mobil jadul menjadi kendaraan amfibi yang mampu melintasi di jalur darat dan air.

Adalah Xiong Jian, meski hanya seorang mekanik mobil biasa, namun hasil kreasinya patut diacungi jempol

 

Dilansir Carscoops, Rabu (12/4/2017), untuk membuat mobil amfibi, Jian yang memiliki tempat tinggal di pinggir sungai itu mengaku mendapatkan pengetahuan seadanya dan merakitnya saat waktu luang.

Kata dia, mobil yang digunakan disebut cukup tua dan mengkombinasikan dengan kendaraan minivan.

"Mesin mobil memang awalnya depan. Ketika saya mengubah menjadi perahu, air akan menyusup ke dalamnya, yang tidak baik untuk mesin, jadi saya pindah ke belakang mobil. Saya telah melakukan penghitungan perpindahan mesin secara akurat, berdasarkan data dari auto, yaitu sekitar 1 ton,” ungkap Jian.

Jian pun memamerkannya kepada khalayak dengan menggunakannya di sungai Zhenzi, di dekat rumahnya.

Mobil amfibi tersebut, kata Jian, mampu menampung empat orang penumpang, dengan kecepatan lebih dari 32 km/ jam. Selain dapat melaju ke dapan, mobil amfibi ini bisa melaju mundur.

Jian mengaku akan memaksimalkan kecepatan mobil tersebut dan juga membuat mobil tak lagi bising.

Untuk membuat mobil tersebut, Jian juga mendapatkan dukungan dari sang istr, Jiang Lane.

"Ini adalah hobinya, saya harus mendukung dia untuk melakukan apa yang dia suka," kata Lane.

 

4 dari 5 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: