Sukses

Liburan Akhir Pekan Bersama Mitsubishi Xpander Cross, MPV Rasa SUV

Menjadi destinasi wisata yang banyak dituju, Liputan6.com mendapat kesempatan mencoba mobil Mitsubishi Xpander versi crossover ke wilayah Bandung, Jawa Barat selama akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan menjadi momen spesial bagi masyarakat Jakarta untuk melakukan liburan bersama teman dan keluarga. Salah satu alternatifnya menggunakan kendaraan pribadi.

Menjadi destinasi wisata yang banyak dituju, Liputan6.com mendapat kesempatan mencoba mobil Mitsubishi Xpander versi crossover ke wilayah Bandung, Jawa Barat selama akhir pekan.

Harus melintasi jalan tol Jakarta-Cikampek, pengmudi mencoba melintasi Japek II elevated. Memiliki panjang 36,4 kilometer, jalan tol layang ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit dengan kecepatan rata-rata 80 kilometer per jam.

Memiliki jalan cukup bergelombang, pengemudi tentu harus selalu waspada saat memacu kendaraan, terlebih hanya terdapat dua jalur dengan pembatas setinggi atap kendaraan.

Kesan pertama yang dirasakan saat menggunakan Mitsubishi Xpander Cross ialah kedapnya suara. Meski berada di jalan layang, mobil ini tetap nyaman dan tak terlalu berisik.

Hal itu sejalan dengan klaim PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terkait penggunaan material penyerap suara dan penghambat getaran.

Tak hanya itu, ground clearance 225 mm juga menambah kenyamanan pengemudi saat harus melintasi sambungan jalan yang bergelombang. Meski tetap mengalami guncangan, mobil ini relatif cukup aman dikendarai. Terlebih adanya teknologi ABS, EBD, dan BA (brake assist).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa

Mengandalkan daya pacu berkode 4A91 empat silinder, berteknologi MIVEC 1,5 liter, mobil ini terasa cukup nyaman digunakan. Tak ada kesulitan berarti yang ditemui saat mengendarai mobil ini.

Untuk akselerasi, tarikan bawah mobil ini sudah cukup agresif. Begitu juga dengan sistem pengendaliannya saat harus berbelok. Jalan menanjak dan menurun yang menjadi ciri khas jalan Tol Cipularang juga nyaman dilalui.

Beberapa fitur keselamatan juga tersedia. Khusus model Cross, terdapat dual airbags, kontrol stabilitas dan traksi, cruise control serta hill start assist. Untuk pengereman mobil ini mengandalkan cakram di depan dan tromol di roda belakang.

Fitur canggih tersebut juga memudahkan pengemudi saat berkendara menuju Lembang. Salah satunya hill start assist. Fitur ini akan memberikan perintah berdasarkan sensor dalam hitungan milidetik. Jika sensor membaca gejala mobil meluncur saat panik di tanjakan maka roda akan terkunci.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Untuk tenaga, Xpander Cross mampu mencapai 103,5 Tk pada 6.000 rpm dan dorongan torsi puncak 141 Nm di 4.000 rpm, sehingga tetap mumpuni saat menanjak di perbukitan.

Berhasil mencapai kecepatan 100 kilometer per jam di beberapa ruas jalan, mobil ini tetap nyaman dikendalikan.

Secara keseluruhan, mobil ini cukup baik dikendarai untuk menunjang aktivitas di dalam kota dan perjalanan jauh ke luar kota. Jarak ground clearance yang lebih tinggi juga menambah kenyamanan saat harus melintasi jalan tak rata dan berlubang menuju tempat wisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.