Sukses

Mengenal Istilah dan Cara Meminimalisasi Blind Spot

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengendara kendaraan bermotor, pasti pernah mendengar istilah blind spot atau titik buta. Kondisi tersebbut, adalah di mana tidak dapat melihat suatu area pandang tertentu.

Meski istilahnya sudah cukup sering terdengar, banyak pengendara yang mengabaikan keberadaan titik buta ini.

Para pengemudi atau pengendara yang mengalami kecelakaan lalu lintas, sebagian besar di antaranya mengaku karena kurang memperhatikan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, titik buta antara satu kendaraan dengan kendaraan lain berbeda-beda. Mengapa setiap kendaraan memiliki blind spot yang berbeda? Hal ini berkaitan dengan banyak faktor.

Beberapa faktor yang menyebabkan adanya perbedaan titik buta adalah jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, dan desain kendaraan yang juga berbeda-beda.

Setiap pengemudi sudah seharusnya memperhitungkan titik butanya masing-masing.

Selain pengemudi, setiap produsen kendaraan juga sudah memperhitungkan titik buta yang akan dialami setiap pengemudinya.

Dengan seiring berkembangnya zaman, banyak produsen mobil ternama yang sudah menyematkan fitur baru guna mengurangi titik buta yang dialami oleh pengemudi.

Meski sekarang sudah ada fitur baru, pengendara atau pengemudi juga harus tetap waspada dan berhati-hati serta senantiasa memperhatikan keadaan sekeliling saat mengendarai kendaraan.

2 dari 3 halaman

Cara mengurangi blind spot

Setelah mengenal blindspot lebih jauh, Anda tentu penasaran dengan cara-cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi titik buta saat berkendara.

Berikut tips atau cara yang bisa dilakukan guna menghindari atau mengurangi titik buta berkendara:

1. Mengatur Kaca Spion Sebelum Berangkat

2. Menambah bagian titik buta kaca

3. Memberi Tanda atau Peringatan berupa lampu sein atau klakson

4. Berada di Zona Terbuka atau Tidak berada di celah-celah antara satu kendaraan dengan kendaraan lain

5. Perhatikan Kondisi Jalan

6. Jangan Menyalip Melalui Sisi Kiri

7. Mencondongkan Badan ke Kiri Saat Akan Berbelok ke Kanan

8. Menggunakan Sensor Modern

9. Memantau Menggunakan Kamera Video

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: