Sukses

Musim Hujan Tiba, Pemotor Wajib Bawa Empat Barang Ini

Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sering kali datang secara tiba-tiba. Hal ini membuat pengendara motor harus selalu berhati-hati ketika berkendara.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sering kali datang secara tiba-tiba. Hal ini membuat pengendara motor harus selalu berhati-hati ketika berkendara.

Selain jalan licin, jarak pandang terbatas dan angin kencang menjadi tantangan bagi pengendara roda dua. Tak hanya itu, sejumlah jalan juga tergenang air ketika hujan deras melanda.

Karena itu, empat perlengkapan ini harus selalu dibawa saat berkendara menggunakan sepeda motor. Berikut ulasannya dilansir Federal Oil.

1. Jas Hujan

Menjadi perlengkapan penting, jas hujan harus selalu tersedia di motor. Pilih jas hujan yang nyaman sehingga kepala tetap leluasa digerakkan saat mengenakan jas hujan. Pastikan juga jas hujan tidak terlalu sempit dan tak menutupi kaca spion. Hindari menggunakan jas hujan jenis ponco karena ujung bagian bawah rawan tersangkut jeruji motor.

2. Sepatu

Gunakan sepatu yang menutupi mata kaki. Jangan gunakan sandal jepit saat musim hujan karena bisa melukai kaki apabila pengendara jatuh atau terkena kerikil saat berkendara di jalan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Busi Cadangan

Sangat penting, pengendara wajib menyiapkan busi cadangan karena motor bisa saja mengalami gangguan saat menerjang hujan. Selain busi, komponen yang juga wajib dibawa ialah bohlam lampu untuk bagian depan.

 

3 dari 3 halaman

4. Kunci-Kunci

Selalu sediakan kunci seperti obeng, kunci busi, dan tang. Antisipasi ini dilakukan untuk pertolongan pertama saat motor mogok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.