Sukses

Berkendara Motor Saat Cuaca Panas, Ini Pilihan Jaket yang Cocok

Liputan6.com, Jakarta - Jaket merupakan salah satu riding gear yang wajib dikenakan saat mengendarai sepeda motor. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari terpaan angin secara langsung serta meminimalisasi luka saat terjadi kecelakaan. 

Jaket terkadang diabaikan oleh pengendara motor di kota dengan cuaca yang relatif panas. Tapi, hal ini justru mengurangi tingkat keamanan ketika mengemudi, sekalipun jarak dekat.

Karena itu, pemilihan jaket motor perlu diperhatikan. Pasalnya, material yang salah bisa membuat badan lelah lantaran cepat berkeringat.

"Untuk kondisi di Indonesia sebagai negara tropis, yang pertama kita harus tahu karakter cuaca. Kan di Indonesia ini, banyak kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Semarang itu panas, di dataran tinggi cenderung lebih sejuk," jelas Tedy Suryadi, Brand Activation Respiro.

Ia pun menyebut bahwa jaket motor bukan melulu soal ketebalan bahan. Pasalnya, tingkat kelembaban di negara tropis cenderung tinggi, saat siang sangat terik dan justru dingin di malam hari.

"Di Respiro, kami memiliki tipe EFLO TR1.3 yang cocok untuk digunakan siang hari atau di kota-kota dengan suhu panas. Modelnya sporty, tapi yang terpenting bahannya bisa menahan angin dan memiliki sistem sirkulasi udara agar tidak pengap," ungkapnya.

"Ada juga tipe FLEXO TR1.3 yang cocok untuk berkendara sepanjang hari, mulai pagi, siang, sampai malam. Materialnya windproof dan juga memiliki ventilasi di bawah ketiak," tutup pria yang akrab disapa Kang Tedy itu.

Sumber: Otosia.com

2 dari 4 halaman

Jangan Salah Beli, Kenali 5 Ragam Jaket untuk Naik Sepeda Motor

Selain menggunakan helm dan sarung tangan, perlengkapan wajib saat berkendara motor ialah jaket. Tersedia beragam jenis, perbedaan jaket terdapat dari bahan yang digunakan.

Jangan sampai salah, saat ini terdapat jaket yang biasa digunakan untuk touring atau hanya sekedar penggunaan sehari-hari. Berikut jenis-jenis dan tips memilih jaket motor seperti dilansir laman resmi Federal Oil.

1. Jaket Bomber

Jaket bomber merupakan jaket yang sedang tren di kalangan masyarakat karena modelnya yang trendy. Jaket ini menjadi pilihan saat berkendara sebab memiliki bahan yang berkualitas seperti, kulit, sintetis sampai kanvas.

2. Jaket Parka

Umumnya jaket parka menggunakan bahan kulit karena dapat mencegah masuk angin dan anti air. Sehingga dipastikan, perjalanan berkendara akan terasa nyaman dan menyenangkan. Perlu diketahui juga, bahwa jaket ini memiliki beberapa jenis, seperti parka fishtail dan parka snorkel.

 

3 dari 4 halaman

3. Jaket Cagoule

Jaket motor yang yang satu ini paling simpel dan sangat cocok untuk yang hanya berpergian ke tempat terdekat.

Sebab, jaket ini menggunakan bahan bludru dan kaos yang sangat adem jika digunakan karena modelnya yang kasual.

4. Jaket Balap

Berbeda dengan beberapa jaket sebelumnya, jaket motor balap ini akan sangat cocok digunakan untuk touring jauh dan balap motor. Pasalnya, bahan yang digunakan tebal serta dapat mencegah luka ketika terjatuh.

5. Jaket Fleece

Jaket ini termasuk jaket yang nyaman saat digunakan. Bahannya pun dapat menahan kondisi cuaca, sehingga saat digunakan terasa lebih nyaman. Jaket fleece sangat tidak cocok digunakan ketika cuaca panas.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: