Sukses

Cara Merawat Agar Sliding Door Mobil Awet

Selain lebih terkesan keren dan mewah, mobil dengan model sliding door (pintu geser) juga memberi kemudahan bagi penumpang saat masuk ke dalam kabin.

Liputan6.com, Jakarta - Selain lebih terkesan keren dan mewah, mobil dengan model sliding door (pintu geser) juga memberi kemudahan bagi penumpang saat masuk ke dalam kabin.

Agar berfungsi dengan baik, mobil pintu geser harus rajin dicek dan selalu mendapat perawatan. Ada tujuh cara merawat mobil berpintu geser, dikutip dari Mobil88:

Perhatikan Rel dan Bearing 

Pertama, perhatikan kondisi rel dan bearing. Pasalnya, kedua bagian ini kerap mengalami masalah pada pintu geser karena sering dibuka dan ditutup. Oleh karena itu, berikan pelumasan atau gemuk (grease) tanpa kandungan oli secukupnya.

Ke dua, pastikan area rel bersih. Salah satu masalah yang juga kerap terjadi pada pintu geser yaitu macet. Ternyata, hal itu diakibatkan rel kotor sehingga bearing kotor dan menyebabkan macet.

Oleh karena itu bersihkan rel dengan menggunakan lap bersih, sapu kecil, atau kompresor kecil dan semprotkan cairan khusus untuk membersihkan roller.

Ke tiga, perhatikan karet pintu. Pintu juga ada karetnya lho. karena berfungsi menghalau air masuk atau mencegah hawa panas, atau menepis kotoran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Terlalu Lama Membuka Pintu

Namun masalah yang sering terjadi pada karet yaitu bukan tak mungkin karet pintu bisa getas atau retak ketika lama dipakai.

Ke empat, buka pintu sesuai kebutuhan. Maksudnya, jangan terlalu lama membuka pintu, karena debu akan mudah menempel sehingga pintu akan sulit digeser. Sebisa mungkin membuka hingga penuh.

Ke lima, hindari benturan keras. Jika pintu geser terkena benturan, bukan tak mungkin hal tersebut mengalami beberapa bagian rusak, mulai dari pengait rel, pengait pintu dan lainnya lantara tidak pas atau mengalami pergeseran.

 

3 dari 3 halaman

Keringkan Saat Terkena Air

Ke enam, keringkan jika terkena air. Air bisa saja masuk melalui celah-celah walau volumenya sangat sedikit, baik ketika hujan atau saat mencuci. Oleh karena itu, ada baiknya, keringkan dengan menggunakan lap.

Ke tujuh, jika menggunakan pintu geser elektrik, ada baiknya jangan menghentikan laju pintu ketika sedang beroperasi. Hal ini bisa merusak motor elektrik.

Selain itu, hindari buka tutup pintu geser elektrik pada saat mesin mati. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan aki tekor.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini