Sukses

Perbandingan Antara Toyota Rush TRD dengan Daihatsu Terios R Deluxe

Daihatsu Terios memiliki total 7 tipe, sedangkan Toyota Rush hanya 4 tipe. Menarik bila menyorot dua varian teratas saja: Toyota Rush TRD dan Daihatsu Terios R Deluxe.

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Terios memiliki total 7 tipe, sedangkan Toyota Rush hanya 4 tipe. Menarik bila menyorot dua varian teratas saja: Toyota Rush TRD dan Daihatsu Terios R Deluxe. Harga beda Rp 14 juta, tapi kelengkapannya nyaris tak banyak berbeda.

Harga Terios R Deluxe Rp 252,5 (MT) dan Rp 262,5 juta (AT). Sementara Toyota Rush TRD Manual Rp 266,55 juta, untuk matik Rp 276,55 juta. Terios lebih murah bukan berarti minim fitur.

Begitu pula sebaliknya, mahalnya Rush belum tentu pantas dipilih. Bingung pilih yang mana? Kami bantu beri jawaban.

Membandingkan desain eksterior keduanya, kembali ke selera pribadi. Desain dasar identik, hanya dibedakan dari detail dan aksesori. Seperti biasa, Daihatsu menonjolkan aksen krom. Sebidang besar grille terisi penuh elemen itu.

Tampilan Rush di beberapa negara justru seperti Terios sini. Kalau Rush sengaja dibuat sedikit hiasan kinclong agar aura gagah keluar. Jika Anda pemuja berat TRD Sportivo, Rush pilihannya. Ditambah ornamen TRD lain yang menyiratkan hasil racikan divisi khusus performa itu.

Interior malah sulit dibedakan. Logo brand di setir menjadi pengenal utama. Selebihnya, soal permainan warna. Detail yang sering luput, hanya Terios yang disediakan slot penyimpan kartu di dashboard.

Seantero kabin mampu mengakomodasi hingga 7 orang dengan pantas. Mirip Avanza-Xenia, hanya sedikit lapang berkat dimensi membesar.

Saling berbagi jantung mekanis, berupa unit 2NR-VE 1,5-liter Dual VVT-i. Tenaga 104 PS dan torsi 136 Nm bertugas menggerakkan roda belakang.

Bisa lewat transmisi manual 5-speed atau otomatis konvensional 4-speed. Konstruksi kaki McPherson Strut dan 5 link duduk di platform unibody atau semi-monokok yang terbukti tangguh.

Rush-Terios terbaru sudah dilengkapi fitur keselamatan standar sesuai kebutuhan paling mendasar untuk pasar lokal. Ada ABS+EBD, immobilizer, bahkan tersedia Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist (HSA).

Serta fitur kenyamanan double blower dan sistem hiburan monitor layar sentuh, sangat cukup sebagai SUV 7-seater dengan memenuhi fungsi utama mobil keluarga. Namun ada yang mengambil pendekatan sedikit berbeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Mengimbangi selisih harga yang besar, harus ada bagian lebih lengkap dari Rush. Maka dipasang airbag samping dan tirai, sehingga total ada 6 airbag. Belum lagi ketambahan seat belt warning di ketujuh titik.

Semua penumpang wajib selalu mengenakan sabuk pengamanan. Tidak cocok bagi yang masih malas pakai sabuk pengaman di kursi belakang. Segitu besarnya perhatian ekstra Toyota terhadap keselamatan pengguna Rush. Sampai melebihi Fortuner yang harganya dua kali lipat lebih mahal.

Daihatsu merasa cukup dengan memberi 2 airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Namun ada kompensasi lain sebagai nilai plus. Tersedia Around View Monitor khusus tipe tertinggi R Deluxe.

Ada kamera di grille, pintu belakang dan spion samping dengan lensa lebar yang mencakup hingga 180 derajat. Sehingga terbentuk sudut pandang 360 derajat sekeliling mobil. Sangat berguna saat parkir di area terbatas.

Perkembangan aftermarket sekarang memungkinkan Rush TRD juga dipasangi kamera sekeliling bodi itu. Menambah jumlah airbag justru hampir mustahil. Ingin keselamatan maksimal untuk sekeluarga, jelas ditawarkan oleh Rush TRD.

Tapi siapa juga yang mau seluruh kantong udara itu mengembang. Sebagai langkah preventif tentu amatlah bijak. Namun juga erat kaitannya dengan gimmick agar Rush itu setingkat di atas Terios.

Bila merasa tak butuh itu semua, Terios R Deluxe tetap pantas dipinang. Rogohan kocek tak terlampau dalam, Anda tetap mendapatkan rasa berkendara serupa.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.