Sukses

Produksi Mobil Tetap Jalan, Ini yang Daihatsu Terapkan Agar Karyawan Aman dari Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menerapkan split team dan koordinasi menggunakan digital meeting, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menerapkan physical distancing pada sistem produksi.

Hanya terdapat satu shift dan waktu produksi lebih singkat dari biasanya, perusahaan asal Jepang tersebut berharap karyawan pabrik bisa tetap tinggal di rumah secara bergantian.

Meski bekerja per 2 hari, Daihatsu tak memangkas upah karyawan. Tak hanya itu, beberapa kegiatan pencegahan untuk melindungi karyawan dari penyebaran virus Corona Covid-19 telah dilakukan.

Selain membuat tempat mencuci tangan di tempat strategis, karyawan yang akan masuk area pabrik juga harus melewati pengecekan suhu tubuh. Dalam rangka meningkatkan imunitas karyawan, ADM juga mengubah kebijakan fasilitas kesehatan.

Saat ini, karyawan bisa melakukan pembelian vitamin tanpa resep dokter. Tersedia juga fasilitas hotline 24 jam bagi karyawan yang ingin berkonsultasi dengan dokter ahli. Upaya ini dilakukan untuk memberi rasa aman bagi karyawan.

"Semoga pandemic global Covid-19 termasuk Indonesia bisa segera berakhir,” kata Amelia Tjandra,Corporate Planning & Communications Director PT Astra Daihatsu Motor.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melakukan Tes Bila Diperlukan

Jika terdapat karyawan yang demam, mereka harus masuk ke klinik yang sudah disediakan.

Apabila diperlukan, karyawan akan diberikan tes Covid-19 untuk memastikan apakah positif terjangkit. Mereka juga bisa mendapat akses menuju rumah sakit dengan ambulans.

“Karyawan merupakan asset Daihatsu yang harus dilindungi. Kami berkomitmen untuk memberikan rasa aman yang optimal untuk karyawan di masa pandemic Covid-19," ujar Amel.