Sukses

Cleveland Falcon Jadi Pilihan Baru di Segmen Motor Listrik

Cleveland CycleWerks (CCW) turut meramaikan segmen kendaraan listrik lewat produknya bernama Falcon. Motor listrik Cleveland ini hadir dalam dua tipe, yakni Falcon 01 dan Falcon BLK.

Liputan6.com, Jakarta - Cleveland CycleWerks (CCW) turut meramaikan segmen kendaraan listrik lewat produknya bernama Falcon. Motor listrik Cleveland ini hadir dalam dua tipe, yakni Falcon 01 dan Falcon BLK.

Harga tipe terendah dilepas dengan harga $ 7.995 atau sekitar Rp 133 jutaan (kurs $ 1 = Rp 16.697) . Sementara tertinggi dijual $ 14.995 atau setara Rp 250 jutaan.

Harga terbilang tinggi untuk motor listrik. Namun bisa dimaklumi, karena banyak bekal fitur. Selain itu, varian paling mahal hanya diproduksi sebanyak 20 unit. Dan baru tersedia untuk pasar Amerika Serikat.

Kedua produk baru CCW itu diproduksi di Ohio, Amerika Serikat. Masing-masing menggunakan rangka wishbone. Framenya didesain sendiri oleh dengan bahan baja kuat. Wujudnya benar-benar telanjang dan didominasi baterai yang besar. Kursinya datar dan khusus pengendara. Tidak ada opsi untuk pembonceng.

Semua sektor pencahayaan jelas menggunakan teknologi LED. Mencerminkan kendaraan masa depan. Lampu utama berbentuk bulat, sementara stoplamp berada di ujung jok. Bentuknya pipih dan di sampingnya ada sinyal belok yang punya bentuk serupa.

Motor penggeraknya berada di tengah, rem cakram hidraulik CARD dual-piston, suspensi upside down, dan shock absorber hidraulik coilover di belakang yang dapat disesuaikan. Motor listrik ini memiliki roda aluminium forged 17 inci, namun untuk Falcon BLK ditambahkan dengan cakram aero wheel.

Falcon 01 punya mode e-bike, yang artinya batas kecepatan tertingginya hanya 20 mph (32 km/jam) dan 750W (1hp). Kemudian ada mode e-moped, dengan kecepatan maksimal 27 mph (43 km/jam).

Dan mode tidak terbatas yang mengambil keuntungan penuh dari motor 6kW, kecepatannya mencapai 65 mph (105 km/jam).

Sementara Falcon BLK juga menggunakan mode yang sama. Tetapi untuk mode tak terbatasnya, ia lebih tinggi. Menawarkan hingga 12kW (16 hp) yang mampu mencapai kecepatan tertinggi 85 mph atau setara 137 km/jam.

Varian terendah hadir dengan baterai swappable single 14s 52V berkapasitas 2,3 kWh dan dapat diupgrade ke paket ganda dengan total 4,6 kWh. Dalam mode E-Bike, ia dapat menempuh jarak hingga 80 km.

Sedang Falcon BLK hadir dengan dua paket swappable dan menawarkan jangkauan hingga 160 km. Angka itu juga kemungkinan dihitung dalam mode e-bike. Baterai merupakan pack sel 18650 lansiran Samsung.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Pengisi dayanya sudah disematkan fitur quick charger. Cleveland Cyclewerks mengklaim bahwa baterai dapat diisi hingga 80 persen hanya dalam 45 menit atau 100 persen selama 90 menit. Lalu untuk varian BLK dilengkapi “FALCONtroller” atau biasa dikenal regenerative braking saat mode e-bike.

Fitur lainnya ialah sistem konektivitas. Sepeda motor listrik ini dapat terhubung dengan seluler via bluetooth. Sama seperti pabrikan lain, mereka juga menyuguhkan dengan fasilitas aplikasi.

Pengendara dapat melihat kondisi kendaraan melalui handphone atau menggunakan layar instrumen yang tersedia di atas setang. Isinya sangat mendasar, kecepatan, masa pakai baterai, mode berkendara, dan waktu.

Kecanggihan motor ini bisa dirasakan berkat teknologi Angry Pixy. Pada dasarnya itu adalah mode turbo boost. Dapat mengakses daya maksimum selama 20 detik.

Jambakan akselerasinya membuat pengalaman berkendara makin menyenangkan. Bisa diaktifkan dengan cara memencet tombol merah di kanan setang.

Lalu fitur inovatif lain yang tak kalah menarik adalah cat electroluminescent Lumilor. Sisi luar cover baterainya dapat menyala terang ketika berada di tempat gelap. Dan ini bukan lampu melainkan teknologi cat modern. Memvisualisasikan kendaraan canggih nan modern.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.