Sukses

Tips Merawat Kaca Helm agar Pandangan Tak Terganggu Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Saat musim hujan, pengendara motor harus memiliki tingkat kehati-hatian yang lebih tinggi dibanding musim panas. Pasalnya, di samping jalanan yang licin karena basah, biasanya pandangan juga terganggu karena kaca helm yang terkena air hujan.

Kondisi saat musim hujan juga bisa makin parah, jika ada kotoran yang menempel, dan dibiarkan dan membuat kaca helm menjadi kusam.

Nah, agar kaca helm terat dan tidak kusam, harus rajin dibersihkan, terutama bagi biker yang doyan touring.

Berikut, beberapa tips untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di kaca helm, seperti dilansir laman resmi Federal Oil:

Pertama, lepas pengikat kaca di kiri-kanan yang biasanya diikat sekrup. Untuk yang full face, lepas pengikat kaca sesuai pengunci masing-masing helm.

Setelah itu bilas permukaan kaca dengan air keran. Tapi, jangan terlalu keras, karena kerikil kecil bisa menggerus permukaan.

Setelah itu, siapkan spons yang sudah diberi sabun cair. Lalu usapkan satu arah menghindari gesekan kerikil yang masih terdapat di permukaan kaca.

Bila sudah, keringkan menggunakan kain halus atau tisu agar kembali clink alias bersih. Setelah bersih pasangkan kembali di helm, dijamin kaca helm kembali kinclong.

2 dari 2 halaman

Cara Membersihkan dan Merawat Helm yang Terendam Banjir

Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek di awal tahun, tidak hanya memporak-porandakan seisi rumah. Tidak sedikit kendaraan maupun helm kesayangan yang turut menjadi korban banjir.

Nah, helm yang ikut tercebur ke genangan air sebaiknya dibersihkan segera agar tidak meninggalkan bau yang tidak sedap dan menghindari zat-zat yang terbawa banjir menempel dan membekas di dalam helm.

Pasalnya selain bau, air banjir juga mengandung berbagai kotoran hingga minyak. Berbeda dengan helm yang sekadar terkena air hujan.

"Pastinya jika helm ikut tercebur banjir, yang pertama dilakukan adalah membilasnya lebih dulu dengan air bersih," kata Store Manager Deride, Boy Sapta Wirawan.

Agar mudah membersihkan bagian-bagian dalam, dia menyarankan melepas bagian cheekpad dan interior pad. Lalu cuci helm secara keseluruhan, berikut shell dan eps.

"Saran saya cuci menggunakan sabun dengan water base, dan berbau netral. Kemudian untuk bahan yang terbuat dari logam setelah dibersihkan sebaiknya diolesi pelumas untuk menghindari korosi," imbuhnya

Sementara untuk helm knock down, atau busanya bisa dilepas akan lebih mudah dibersihkan. Termasuk saat membilasnya, agar tak ada sisa-sisa detergen yang menempel. Hindari memakai cairan kimia saat membersihkan busa.

Loading
Artikel Selanjutnya
Terpaksa Terobos Banjir dengan Mobil Matik, Begini Caranya
Artikel Selanjutnya
Jok Mobil Rusak, Lebih Baik Diperbaiki atau Ganti Baru?