Sukses

Membuktikan Kelincahan Daihatsu Copen di Lintasan Basah

Liputan6.com, Shizuoka - Hujan dengan intensitas sedang mengguyur area Fuji Speedway yang merupakan salah satu test course terkenal yang terletak di Gunung Fuji, Oyama, Prefektur Shizuoka, Jepang, Jumat (25/10).

Padahal saat itu, rombongan jurnalis dari berbagai media nasional yang datang ke Jepang atas undangan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dijadwalkan menjajal dua model kei car, yakni Daihatsu Tanto dan Daihatsu Copen.

Meski hujan membasahi ditambah dinginnya suhu di sana, nyatanya tak menyurutkan semangat peserta tes. Pada sesi pertama, kami diajak membuktikan efektifnya fitur Smart Assist Plus yang dimiliki Daihatsu Tanto terbaru.

Sedikitnya ada tiga bagian yang dicoba, yakni Active Cruise Control, Lane Keep Control, dan Smart Panorama Parking Assist. Penjelasan mengenai fitur tersebut, selengkapnya bisa dibaca di sini.

Usai mencoba Smart Asssist Plus car, kami mendapat kesempatan menjajal kemampuan Daihatsu Copen. Tidak sebagai pengemudi, melainkan hanya duduk manis sebagai penumpang.

Sedikitnya tiga varian Copen yang digunakan, yakni ROBE, XPLAY dan CERO dengan 2 unit bertransmisi CVT dan 1 transmisi manual. Mobil mungil bergaya roadster ini dibekali mesin 660 cc dengan turbo intercooler yang sanggup menghembuskan tenaga hingga 64 Tk dengan torsi 92 Nm.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan fitur electrical throttle system sehingga menghasilkan akselerasi yang halus dan hemat bahan bakar.

 

2 dari 2 halaman

Disopiri

Pada sesi taxi ride ini, kami mendapat kesempatan sebanyak dua putaran. Dikemudikan oleh driver berpengalaman, adrenalin semakin terpacu mengingat kondisi trek yang basah.

Meski permukaan jalan dibasahi air hujan, Copen yang dipacu dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam itu terasa stabil. Terutama kala melibas tikungan.

Untuk diketahui, Daihatsu Copen dilengkapi dengan kerangka dengan struktur D-Frame sehingga mobil ini memiliki kemampuan bermanuver yang baik pada kecepatan rendah maupun tinggi.

"Melalui test drive ini, kami memberi kesempatan pada media untuk mengeksplorasi kelebihan Copen sebagai elegant sporty coupe sekaligus sebagai kendaraan yang aman dan nyaman untuk dikendarai," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.

Daihatsu Copen sendiri sempat dipasarkan di Indonesia pada 2015. Sayangnya, penjualannya terpaksa dihentikan sejak setahun lalu karena respon pasar yang minim. Setidaknya 100an unit terjual selama tiga tahun diniagakan di Tanah Air.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pabrikan Otomotif Jepang Siap Investasi Puluhan Triliun Rupiah di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Dari Sales Daihatsu, Mariana Putri Bertransformasi Jadi Aktris FTV