Sukses

Adik Daihatsu Terios Mesinnya Kecil dan Ber-turbocharger, Ini Komentar Daihatsu

Liputan6.com, Jakarta Tren mobil bermesin kecil namun bertenaga besar masih berlangsung. Produsen memasang turbocharger guna mendongkrak performa mobilnya. Kali ini isu bakal ada adik Daihatsu Terios bermesin 1.000 cc dengan turbocharger yang cukup ramai dibicarakan.

Bahkan, PT Astra Daihatsu Motor disebut-sebut kedapatan tengah menguji SUV kompaknya itu. Info ini kemudian ditautkan dengan rencana untuk menggiring masuk kei car bernama Thor.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menyanggah soal rencana Thor, tetapi tidak menampik soal tes mobil 1.000 cc yang dilengkapi turbo.

"Kami tidak akan memasukkan kei car, termasuk Thor dan Tanto. Kenapa? Karena berdasarkan riset, masyarakat Indonesia tidak suka dengan bentuk yang seperti itu. Hal ini sudah dibuktikan juga oleh beberapa brand yang akhirnya tutup. Yang kami lakukan untuk tes ini adalah mesin 1.000 cc turbo," ujarnya dalam acara test drive Daihatsu Sigra di Bandung.

 

2 dari 3 halaman

Menguji Performa Mesin 1.000 Cc

Menurut Amelia Tjandra, tes tersebut dilakukan tim riset dan pengembangan Daihatsu untuk melihat sejumlah hal.

"Tenaganya seperti apa, cocok apa tidak dengan Indonesia. Performa kami catat lalu kami bandingkan dengan kompetitor yang sudah keluarkan turbo. Tim R&D kami terus melakukan hal seperti itu. Kalau dari target customer-nya, anak-anak muda suka. Kalau customer keluarga, tidak terlalu concern," ujarnya.

Wah, sasaran anak muda, maka rentan diterka bahwa mobil yang dimaksud compact, baik citycar yang bisa jadi pengembangan Ayla turbo, atau berbau crossover ataupun mini-SUV. Namun, Amelia menyanggah jika itu untuk Ayla.

"Ayla itu LCGC, enggak akan sanggup harganya. Jawaban saya sama, pada waktunya baru saya kasih tahu," ujarnya.

Jika bukan Ayla, maka crossover? Apalagi, terendus informasi bahwa famili Daihatsu di Malaysia, yakni Perodua, tengah menguji "adik" Terios.

"Perodua siapkan mobil di bawah Terios? Itu kan Perodua. Jawaban saya pada waktunya baru saya kasih tahu," kata dia enggan bocorkan info lebih lanjut.

Penulis: Nazar Ray

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Daihatsu Sebut Xpander Crossover Bukan Pesaing Terios