Sukses

Nissan Juke 2020 Resmi Meluncur, Kini Bermesin Turbo

Liputan6.com, Jakarta - Nissan Juke 2020 resmi diperkenalkan. Perubahannya tak hanya pada segi desain saja, teknologi baru pun disematkan untuk menggoda konsumen. Kini Juke mengadopsi  mesin tiga silinder turbocharger yang dipadukan dengan transmisi otomatis manual atau otomatis.

Nissan Juke versi Eropa hanya menyediakan engine 1,0-liter tiga silinder bensin turbocharged. Unit melontarkan daya 117 Hp. Tenaga itu dialihkan melalui pilihan gearbox manual enam percepatan atau otomatis tujuh percepatan. Harga Juke anyar belum dirilis. Tapi Nissan mengatakan, model 2020 disalurkan ke pelanggan Eropa mulai akhir November 2019.

Rancang Bangun

Hal kedua yang menarik ialah rancang bangun yang dinamis. Desain bolehlah diadu dengan rival sekelas. Yang selalu ditekankan Nissan pada teaser ialah sorot mata. Lampu oval dipertahankan, plus LED tiga palang, dibarengi lampu DRL yang menyipit di atasnya. Cita rasa ini unik, meski cara memandang gaya mobil pastinya subyektif. Manakala Anda memandang mimik, terlihat lebih simetris. Grille generasi terbaru Nissan V-Motion berpadu apik dengan lampu tipis.

Lalu atap mobil berlapis cat hitam (dual tone) mengikuti tren. Bentuk atap tampak melandai ke belakang. Menciptakan aura sporty. Bagian belakang juga tak luput didandani. Stop lamp membentuk trapesium pakai LED, tak seperti bagian depan yang lebih lembut. Buritan dipahat tajam, berpadu dengan fender hitam yang menonjol.

Mereka juga menawarkan personalisasi Nissan Juke buat pelanggan. Tersedia paket grade N-Design yang sesuai dengan keinginan konsumen. Ya, merias Juke ala mereka sendiri. Tersedia beberapa kombinasi warna bodi, atap dan pelapis interior. Dikatakan dapat menambah karakter urban, premium dan sporty. Personalisasi eksterior juga ditawarkan, dengan bumper yang dapat disesuaikan, kusen samping dan pelek 19 inci yang bercorak dwi warna keren.

 

2 dari 3 halaman

Ukuran

Desain baru lebih sedap dipandang mata. Nissan bilang, Juke baru lebih besar dan memberikan tambahan ruang kaki kursi belakang 58 mm. Ruang kepala setengah inci atau 11 mm lebih. Di belakang penumpang, Anda bisa menemukan ruang penyimpanan 422 liter. Ada peningkatan 20 persen dari Juke sebelumnya. Ruang interior ekstra itu berkaitan dengan dimensi yang diperluas. Ia punya panjang 4.210 mm, tinggi 1.595 mm dan lebar 1.800 mm. Juke baru sedikit lebih ringan, 23 kg dari sebelumnya.

Rombakan Juke berlanjut di kabin. Interior direvisi, sekarang menampilkan layar sentuh delapan inci bergaya mengambang (floating monitor). Pengemudi juga dapat mengakses TomTom Maps & Live Traffic. Juga mengaktifkan WiFi In-Car dan menghubungkan ke laptop atau tablet mereka. Ia punya kelebihan, memberikan akses ke sistem infotainment NissanConnect baru. Yang menawarkan Apple CarPlay dan Android Auto. Layanan ini juga membuat pemilik Juke dapat mengontrol berbagai fungsi kendaraan melalui smartphone. Misal mengunci pintu, menyalakan lampu atau bahkan mengatur tujuan navigasi ke mobil.

Bicara soal keselamatan mengemudi, Juke mendapat sejumlah peranti keamanan. Terpasang Intelligent Emergency Braking, Pedestrian and Cyclist Recognition, Traffic Sign Recognition, Intelligent Lane Intervention, Rear Cross Traffic Alert dan Blind Spot Intervention. Dan yang paling menarik, ProPilotautonomous driving suite andalan Nissan, sekarang ditawarkan di Juke.

“Nissan Juke kembali dengan identitas uniknya. Bahkan lebih berkarakter, performa ditingkatkan dan teknologi canggih yang sesuai kebutuhan pengemudi. Desain baru dan pengalaman berkendara yang unik yang kami tawarkan. Tentunya jadi pilihan menarik bagi banyak pelanggan untuk memilih sebuah crossover kompak. Juke telah tumbuh, sambil tetap mempertahankan kualitas fun-to-drive yang selalu membuatnya menonjol,” terang Ponz Pandikuthira, Nissan Europe Vice President Product Planning.

 

 

3 dari 3 halaman

Hiburan

Ini yang jarang terjadi. Pengemudi dan penumpang juga dapat mendendangkan musik lebih baik. Juke dibekali sistem suara Bose Personal Plus. Tertempel delapan speaker yang kuat, termasuk dua set speaker Bose UltraNearfield yang terintegrasi di kedua sandaran kepala depan. Inilah inovasi yang jarang dilakukan pabrikan.

Artinya, semakin dekat speaker dengan telinga, makin distorsi sebaran frekuensi audio. Anda dapat menikmati musik imersif dalam definisi yang sangat jelas. Tentu Nissan tak menghilangkan sepasang tweeter dan midbas di bagian depan. Apalagi audio lansiran Bose tak diragukan kualitasnya. Semua yang disuguhkan Nissan pada Juke sungguh menarik.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Membandingkan Biaya Perawatan Renault Triber dengan Toyota Calya
Artikel Selanjutnya
Calon Mesin Baru Suzuki, Paralel Twin Turbocharged