Sukses

3 Penyebab Utama Jendela Mobil Tiba-Tiba Rusak

Jendela mobil dapat digerakkan dengan mudah menggunakan tombol power window. Namun hal jendela tersebut bisa saja tiba-tiba macet saat Anda hendak mengambil karcis parkir.

Liputan6.com, Jakarta - Jendela mobil dapat digerakkan dengan mudah menggunakan tombol power window. Namun hal jendela tersebut bisa saja tiba-tiba macet saat Anda hendak mengambil karcis parkir.

 

Hal itu disebabkan power window yang bermasalah. Selain macet, penyakit power window lainnya adalah jendela mobil terasa seret. Masalah-masalah power window itu disebabkan oleh tiga hal. Berikut 3 penyebab power window macet, seperti dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

1. Sekering

Coba cek sekering. Tapi jika sudah diganti, tapi tetap bermasalah atau putus lagi, berarti harus mengecek bagian lain. Kemungkinan terjadi korslet.

Fungsi sekering sendiri untuk memutus arus listrik untuk meminimalisir terjadinya korsleting. jika sekering tersebut rusak bisa menyebabkan seluruh power window tidak akan berfungsi, sehingga jendela mobil tak bisa dibuka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kelistrikan dan Saklar

Jika sekering sudah diganti, tapi tidak ada tanda-tanda power window bekerja, coba cek sistem kelistrikan di power window. Cek tegangan di saklar power window, jika tegangannya tidak normal namun tegangan aki bagus, kemungkinan saklar power window yang harus diganti.

Kerusakan saklar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya saklar power window.

 

3 dari 3 halaman

3. Motor atau Regulator

Kalau kelistrikan dan saklar normal, masalah selanjutnya yang terjadi mungkin ada pada motor atau regulator power window. Komponen ini mungkin sudah lemah atau mengalami aus pada geriginya. Motor power window yang lemah harus diganti.

Regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca yang menghubungkan motor power window dengan kaca. Jika regulator tersebut bermasalah maka kaca tidak akan bisa turun maupun naik. Regulator yang mengalami aus di gerigi atau penghubung dudukan kaca yang terlepas, akibatnya kaca tidak bisa naik turun.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini