Sukses

Agar Nyaman, Begini Posisi Tubuh yang Benar Saat Mengendarai Sepeda Motor

Liputan6.com, Jakarta - Pengendara sepeda motor tidak hanya dituntut untuk berkendara dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Namun, posisi berkendara juga harus benar, agar saat mengendarai roda dua baik jarak dekat ataupun jauh tetap nyaman dan aman.

Selain itu, sikap tubuh berkendara yang benar juga memudahkan pengendara untuk melakukan keseimbangan saat merespon situasi darurat. Selain itu, dengan posisi badan yang benar saat berkendara juga tidak mudah lelah, dan mengganggu fokus berkendara.

Berikut, posisi berkendara yang benar bagi pengendara sepeda motor seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1. Pandangan melihat jauh ke depan

Hal ini penting untuk mendapatkan situasi dan kondisi di sekitar arah yang hendak dituju. Pandangan pengendara motor harus fokus terhadap objek yang dilihat. Jadi, sangat penting berkonsentrasi terhadap arah tujuan.

2. Posisi pegang grip setang santai dan sudut pergelangan tidak kaku

Posisi pegang grip setang dengan santai dan sudut pergelangan tidak kaku. Posisinya agak menyiku untuk memberikan keluwesan ketika harus melakukan manuver.

Ini penting diperhatikan karena posisi yang salah bisa membuat tangan pengendara keseleo sewaktu menarik rem secara tiba-tiba maupun ketika bermanuver.

Ingat, rasa nyeri, baik itu hanya sesaat atau berkelanjutan, pada pergelangan tangan, bisa mengganggu keseimbangan ketika mengedarai kendaraan.

2 dari 2 halaman

3. Posisi telapak kaki lurus pada injakan (footstep)

Pastikan jari kaki tetap menghadap ke depan dan posisi telapak kaki agak horisontal. Posisi siaga akan memudahkan ketika pengendara saat harus melakukan rem mendadak.

4. Posisi lutut yang benar

Tempelkan kedua lutut pada tangki untuk motor sport dan untuk motor non sport posisi lutut menghadap ke depan. Pada motor sport menjepit tangki juga bisa membantu menjaga keseimbangan.

5. Duduk pada posisi yang tepat

Duduk pada posisi yang tepat ini juga penting supaya mudah menggerakan lengan dan kaki. Duduk jangan terlalu di depan, atau belakang, karena justru bisa mengganggu keseimbangan

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Mengatasi Bodi Motor yang Kusam
Artikel Selanjutnya
Motor Mogok Setelah Dicuci, Bisa Jadi Ini Penyebabnya