Sukses

Kia Seltos, Gagah dan Bertenaga

Liputan6.com, Delhi - Kia cukup agresif menggempur pasar India. Terbaru, pabrikan asal Korea Selatan itu merilis SUV bernama Kia Seltos di Delhi, India.

Kia Seltos mengusung desain yang berbeda dari kebanyakan Kia lain. Terlihat jelas dari bentuk grille yang besar dan tegas. Bentuk grille ini masih disebut sebagai Tiger Nose, Anda bisa melihat sedikit lekukannya yang khas di frame grille.

Dan tidak biasa, ada grille kedua di bumper yang membuat Seltos nampak agresif. Sepertinya Seltos jadi pelopor bahasa desain baru.

Lampu depan-belakang terkesan modern. Lampu depan berbentuk kompleks plus deretan LED dan lampu siang hari. Di bawahnya terdapat lampu sein yang tebal.

Di pojokan bumper, lampu kabut terpasang dengan desain bertumpuk. Sementara lampu indikator di belakang juga tersimak agresif dengan desain pendaran 3D yang futuristis.

Garis bodi tegas dan perawakannya yang tinggi, membuat kesan SUV terasa kental. Sementara moncongnya yang panjang dan overhang belakang yang pendek, mengingatkan pada Ford Ecosport. Mobil yang cukup laris di India.

Di kabin, Kia memberikan interior yang diklaim berkelas dan membuat betah. Posisi duduknya dibuat tinggi untuk memberikan rasa percaya diri. Keuntungan lain dari posisi duduk begini, tidak mudah lelah dan pandangan lebih luas.

 

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Disediakan juga sistem multimedia bernama UVO Connect, yang punya beragam kemampuan konektivitas. Tampilannya dimuat di layar berukuran 10.25-inci, yang dominan di bagian dashboard. Jangan lupa, mobil ini juga dibekali delapan speaker standar buatan Bose.

Yang menarik, Seltos dimodali ambient light di kabin, yang bisa dipilih dari delapan warna. Tidak hanya kelir, lampu ini bisa berkedip sesuai irama musik yang dipasang. Untuk membantu pengendara, panel instrumen tersemat juga HUD tepat di depan pengemudi. Selain memberikan informasi berkendara, juga mampu menampilkan navigasi secara detil.

Di balik kap mesin yang panjang, Kia memberikan beberapa pilihan mesin, paling tidak untuk pasar India. Semuanya berkonfigurasi empat silinder. Yang pertama mesin bensin 1,6 liter turbo, yang menghasilkan 177 PS.

Pilihan kedua, masih berbahan bakar bensin, berkapasitas 2,0 liter. Tenaganya lebih kecil, 149 PS. Terakhir, mesin turbodiesel kapasitas 1,6 liter. Tenaganya 136 PS. Pilihan transmisinya juga tersedia tiga: 7-speed DCT, 6-speed AT biasa dan CVT.

"Kia Seltos pegang peranan penting bagi Kia dalam misi ekspansi di pasar global, terutama pasar yang jadi prioritas seperti India. Kami melakukan segalanya dalam hal desain, kualitas, teknologi, untuk memuaskan pasar India,” tegas Han-Woo Park President & CEO Kia Motors Corporation.

Mobil ini dirakit di dua tempat, Anantapur di India dan Gwangju, Korea.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Bus Kehilangan Kendali Masuk Jurang di India, 44 Orang Tewas
Artikel Selanjutnya
Jumlah Anak Meninggal Usai Makan Leci di India Mencapai Lebih dari 100