Sukses

Suzuki Patenkan Desain Mesin Motor Terbaru, Ini Bocorannya

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki mematenkan desain mesin terbarunya yang berkonfigurasi 1 silinder SOHC. Mesin ini memilik karakter yang agresif.

Mesin satu silinder terkenal dengan karakter lebih cepat putarannya maupun memberi akselerasi awal yang cenderung menyentak.

Selain itu, bobot ringan memberi kelincahan lebih baik. Meski begitu, getaran saat putaran mesin tinggi jadi salah satu sisi kekurangan. Nah, mesin Suzuki baru diklaim punya solusi untuk kekurangan itu.

Dilansir dari situs Bikesrepublic.com, Suzuki mematenkan mesin satu silinder yang cocok untuk performa tinggi dengan kubikasi besar. Dengan menambahkan bagian tertentu, getaran dapat jauh diminimalisir.

Alih-alih menggunakan balancer shaft, Suzuki memasang tambahan conrod di depan yang terhubung dengan crank pada piston, sedang ujung satunya lagi terpasang pada rocker arm.

Diklaim, susunan itu bisa mengurangi getaran, kemudian memberi kemampuan putaran mesin lebih tinggi. Pada akhirnya bisa menghasilkan tenaga lebih besar dari mesin yang cuma punya satu ruang bakar.

Gambar desain itu bukan pertama kali dipatenkan oleh manufaktur berlogo huruf 'S'. Gambar mesin dengan ide serupa pernah dilayangkan Suzuki untuk dipatenkan pada 2017 silam.

Hanya saja kala itu, mesin DOHC yang menempel pada motorcross atau trail, yang memang sesuai dengan kebutuhannya.

 

2 dari 3 halaman

Bukan yang Pertama di Dunia

Desain sejenis juga sebenarnya bukan yang pertama di dunia. Manufaktur motor Italia, Ducati, pernah menerapkan prinsip yang mirip pada motor Supermono pada 1993.

Motor itu turun di ajang balap European Supermono. Saat pabrikan lain menggunakan mesin satu silinder adopsi dari motor trail, Ducati memanfaatkan prinsip kerja mesin V-twin mereka yang dimodifikasi untuk bekerja layaknya satu silinder. Desain dan prinsip dasarnya mirip yang diterapkan pada mesin baru Suzuki.

Konstruksi mesin itu, memungkinkan kubikasi lebih besar dan performa tinggi bisa dikejar. Getaran dahsyat yang dihasilkan dari mesin satu silinder performa tinggi pada akhirnya bisa ditekan.

 

3 dari 3 halaman

Belum Ada Kabar Soal Produksi

Kenyamanan dipastikan turut meningkat. Hasilnya juga, bisa lebih banyak motor satu silinder yang diproduksi, biaya lebih murah serta tanpa perlu mengorbankan performa.

Meski begitu, Suzuki baru mematenkannya saja. Belum ada kabar soal produksi maupun model motor apa yang bakal dibekali mesin satu silinder minim getaran itu.

Entah bakal diwujudkan atau hanya jadi ide semata. Paling tidak, ini bisa jadi harapan bagi pecinta motor yang mendamba mesin kecil ringan dengan performa tinggi dan tetap nyaman dikendarai, baik untuk dipakai harian maupun turun di lintasan balap. 

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Bos Suzuki Bicara Peluang Alex Rins Juara MotoGP 2019
Artikel Selanjutnya
Suzuki Siap Luncurkan Motor Sport 250 Cc Terbaru, Ini Bocorannya