Sukses

Suzuki Siap Luncurkan Motor Sport 250 Cc Terbaru, Ini Bocorannya

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki India tengah mempersiapkan peluncuran produk terbaru mereka berupa motor sport 250cc. Bisa jadi ini merupakan Suzuki Gixxer bermesin 250cc.

Sumber Oto.com di India mengonfirmasi hal ini, via teaser yang disajikan. Pada gambar itu, disebut peluncuran 20 Mei 2019.

Untuk diketahui, Gixxer merupakan nama bagi GSX-R Series di India. Meski tak disebut nama Gixxer 250 pada gambar, namun keyakinan kami cukup besar. Pasalnya, lini sport Suzuki yang kosong di sana, tinggal model bermesin 250 cc.

Garis desainnya pun mencerminkan lini GSX-R series di India. Tentunya desain di sana cukup berbeda dengan Indonesia. Namun jika menerawang model yang sudah diluncurkan di kancah global, prediksi Gixxer 250 kian kuat.

Apalagi pada teaser tidak disertakan model suspensi teleskopik. Biasanya aksentuasi ini tak dilewatkan. Ya, model fork teleskopik biasa memang digunakan GSX-R250 yang sudah rilis duluan di pasar Eropa.

Kemungkinan besar mesinnya mengadopsi unit 1-silinder 250 cc berpendingin udara. Konfigurasi mesin SOHC, juga nampaknya digunakan untuk peredaran India.

Hal ini merujuk pada skema mesin serupa yang digunakan di kubikasi 150 cc-nya. Cukup disayangkan, soalnya di Eropa, GSX-R250 pakai mesin 2 silinder 248 cc berpendingin cairan. Biasanya, Suzuki India merilis model sport fairing dengan tipe naked bike-nya.

Bodi Gixxer 250 secara keseluruhan lebih ramping dibanding model global. Dengan kondisi pasar yang besar, Suzuki India memang punya keleluasaan lebih untuk menyesuaikan spesifikasi motornya.

Terkait fitur, kami juga tak heran jika akhirnya mereka memutuskan memangkas banyak teknologi keren dari versi Eropa.

 

2 dari 2 halaman

Potensi Suzuki GSX-R250 di Indonesia

Pasar motor sport 250 cc di Indonesia memang tak terlalu berkembang, khususnya setahun terakhir.

Kerasnya persaingan di segmen bawah (sport fairing 150 cc) turut menggerus kelas motor ini. cukup disayangkan soalnya Honda, Kawasaki serta Yamaha terus menguatkan produknya.

Wawancara terakhir kami dengan Yohan Yahya, Marketing and Bussiness Development Head, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, mereka masih mempertimbangkan dengan hati-hati untuk merilis motor sport yang benar-benar baru.

“Kami lihat market yang besar dulu. Saat ini kami lebih fokus di market yang masuknya lebih enaklah. Kami kan tetap berhitung, segala sesuatu yang kami produksi harus menghasilkan. Tapi kalau kami produksi di kelas yang terlalu kecil, effortnya terlalu besar,” jelasnya saat berbincang beberapa waktu lalu di sela media gathering Suzuki.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Carry, Ini Sang Penolong Suzuki di IIMS 2019
Artikel Selanjutnya
Suzuki Ertiga Adopsi Mesin Diesel Terbaru