Sukses

Tak Hanya Xpander, Mitsubishi Andalkan Pajero Sport Kuasai Penjualan SUV

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tidak hanya mengandalkan small MPV terbarunya, Xpander untuk kuasai penjualan mobil di Indonesia. Pasalnya, sport utility vehicle (SUV) andalan pabrikan berlambang berlambang tiga berlian, Pajero Sport juga menjadi penguasa di segmennya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan wholesale (dari pabrik ke dealer) Mitsubishi Pajero Sport Februari 2019 tercatat sebanyak 1.993 unit. Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan yang konstan meski tak terlalu signifikan, dari 1.561 unit pada Januari 2019 dan Desember 2018 mencapai 1.549 unit.

Sementara itu, rival abadinya, Toyota Fortuner justru mengalami penurunan, dari 1.459 unit pada Januari 2019 menjadi 1.314 unit pada Februari 2019. Padahal, distribusinya selama penghujung 2018 terbilang tinggi, mencapai 1.523 unit pada Desember dan November 1.471 unit.

Menanggapi hal tersebut, Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro menjelaskan memang penjualan Pajero Sport stabil di angka 1.800-an unit per bulan. Bahkan, peningkatan penjualan yang cukup signifikan ini terjadi di awal tahun ini.

"Itu karena seperti biasa, kompetitor lebih agresif dengan program penjualan akhir tahun. Di situ terlihat, mungkin market Pajero Sport antara nomor satu atau dua, tetapi di awal tahun penjualan Pajero Sport cukup stabil dari sisi volume," jelas Irwan di Cipondoh, Tangerang, Rabu (27/3/2019).

Lanjut Irwan, dengan penjualan kompetitor yang menurun di awal tahun, otomatis market share Pajero Sport meningkat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, saat disinggung program penjualan menarik untuk Pajero Sport, Irwan memang tidak menampik adanya promo tersebut. Namun, untuk diskon sendiri tidak dilakukan pabrikan asal Jepang ini.

Sepeti yang saya sampaikan, Mitsubishi tidak menjadikan diskon sebagai strategi penjualan utama. Kita tetap berusaha stabil penjualannya dengan program-program lainnya. Untuk penjualan Pajero Sport memang tetap banyak untuk retail, bukan fleet (pembeli borongan)," pungkasnya.

Selain itu, untuk mendukung penjualan, Mitsubishi kembali meresmikan dua dealernya di wilayah Tangerang. Dealer pertama, yaitu PT Srikandi Diamonds Motors, Ciledug dan PT Srikandi Diamonds Motors, Cipondoh. Dengan bertambahnya dua dealer tersebut, total jaringan resmi Mitsubishi Motors di Indonesia menjadi 131 dealer.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Posisi Mitsubishi Pajero Sport Tak Tergoyahkan
Artikel Selanjutnya
Tak Mau Kalah, Mitsubishi Indonesia Siap Hadirkan Mobil Listrik Tahun Ini